Unit Empat


الوحدة الرابعة
الجزء الأول

أولا ـ تدريب التلاميذ على بعض المهارات الإملائية التي سبقت دراستها

تدريبات
تدريب ا

من آداب الإسلام
        يحرص الإسلام على تربية أبنائه على أحسن الأخلاق ، ويشجع أسباب المحبة والإخاء بين أفراده ، وينهى عن كل أسباب الخلاف والبغضاء ؛ ليعيشوا متحابين في الله .
       وقد أرشدنا الرسول ـ صلى الله عليه وسلم ـ في الأحاديث النبوية إلى بعض الآداب التي تربط بين المسلم وأخيه المسلم ، وتشد عرى الأخوة والمودة بينهما ، وفي مقدمتها السلام .

تدريب 2

كن حذرا
      أخذ الغراب الصغير يلعب ويمرح : يقفز من غصن إلى غصن ، ويهبط إلى الأرض ، ويعلو في الجو ، ويفوق صغار الغربان من حوله ، ولا يستقر في حركته لحظة واحدة .
     نظر إليه أبوه وقال له : بني ، يعجبني نشاطك ! ولكنني أخاف عليك من صياد يصيدك ببندقيته ، أو حيوان يفترسك .

تدريب 3

النظام
         تزاحم التلاميذ على مقصف المدرسة ، يريدون أن يشتروا ما يحتاجون إليه ، فقال لهم المشرف : إنَّ هذا التزاحم يعطل العمل ، ويضيع الوقت ، يجب أن تنظموا أنفسكم ، ويقف كل منكم في دوره . فلما نظم التلاميذ أنفسهم ، استطاع كل منهم أن يأخذ طلبه وينصرف بسرعة وهدوء .

ثانيا ـ الكلمات المبدوءة بلام إذا دخلت عليها " أل " الشمسية

الأمــثلة

1 ـ يتغدى الأطفال على اللبن الطبيعي .
2 ـ كثرة اللحوم الدسمة تؤثر على القلب .
3 ـ ينصح الأطباء بشرب عصير الليمون لما فيه من فوائد .
4 ـ ينبغي على الإنسان أن يعطي جسمه حقه من النوم في الليل .
5 ـ أمر القاضي بجلد اللص عشرين جلدة .
6 ـ تتفتح أزهار اللوز في فصل الربيع .

القاعــــدة
       إذا دخلت اللام الشمسية على اسم يبدأ بلام كتبت اللامان معًا دون حذف كما في الأمثلة السابقة ، والكلمات التالية : ـ 
لقمة ـ اللقمة ، لظى ـ اللظى ، لجام ـ اللجام ، لب ـ اللب ، لون ـ اللون ، لوح ـ اللوح .

تدريبات
تدريب 1

الليل
      إذا سلخ الليل النهار ، فضل بعض الناس اللهو واللعب فيه ، ويعده بعضهم عدوا ، فيتخيل فيه مجيء اللصوص والأشباح ، لكن الخير باللجوء فيه إلى العبادة ، فهو زادنا قبل أن ننتقل إلى اللحد ، ولن ينفعنا في تلك اللحظات إلاّ مثل هذا الزاد .

تدريب 2

مصادر الطعام
       تعد المواشي مصدرا من مصادر الغداء الضرورية للإنسان فهي تعطينا اللحم ، والحليب واللبن والجبن .
       كما تعد الأشجار المثمرة مصدرا آخر من مصادر الغداء ، فهي تعطينا الفاكهة اللذيذة الطعم ، كالتفاح ، والبرتقال ، واللارنج ، والليمون ، ومن الخضار الخس ، والخيار ، واللفت ، وغيرها .

تدريب 3

حجرة الدراسة
      يجلس التلاميذ في حجرة الدراسة ، وأمامهم اللوح الأسود ، أو ما يعرف بالسبورة ، التي يشرح عليها المعلمون الدروس المختلفة ، باستعمال الطباشير ذي اللون الأبيض أو الملون . وقد تستخدم ألواح بيضاء يكتب عليها بالأقلام الزيتية اللامعة .
     وتكون الحجرة واسعة ، والإضاءة معتدلة ، والشبابيك كبيرة . وتعني اللجنة الصحية بنظافتها ، وترتيب مقاعدها .

تدريب 4

اللسان
        اللسان هو العضو الذي يتكلم ، ويميز به الإنسان الحلو ، والمر ، والمالح ، والحار ، والبارد . واللغة وسيلة التحدث ، والتفاهم بين الناس . ولولاها لكان التعامل بينهم بالإشارة ، أو اللمس ، كما يتعامل الصم البكم . فما أعظم قدرة الله ! وما أبدع خلقه !

ثالثا ـ حذف همزة " ألف "  الوصل من " أل " الشمسية أو القمرية إذا سبقت بلام الجر

الأمــثلة

1 ـ يرجع الفضل للمعلم في تربية النشء .
2 ـ للدهون أضرار كثيرة .
3 ـ يسجد المصلي للخالق لا للمخلوق .
4 ـ قال تعالى :{ لله ما في السموات وما في الأرض }284 البقرة.
5 ـ للادخار فوائده .

القاعـــدة

       تحذف همزة الوصل من " أل " إذا دخلت عليها لام الجر كما في الكلمات السابقة وهى : المعلم ـ للمعلم ، الدهون ـ للدهون ،الخالق ـ للخالق ، المخلوق ـ للمخلوق ، الله ـ لله ، الادخار ـ للادخار .

تدريبات
تدريب 1

الزلازل والبراكين
         كثيرا ما يذهب الناس ضحايا للزلازل والبراكين ، حيث إنَّ اهتزاز الأرض بقوة يتبعه تصدع للمباني والعمران ، وللهب المنبعث من باطن البراكين حرارة شديدة ، وللحمم المتدفقة على جنباتها رائحة كريهة ، وللخوف الناجم عنها هلع للقلب ، ورهبة للنفس .

تدريب 2

توجيه نبوي كريم
     جلست الأسرة حول مائدة الإفطار في شهر رمضان المبارك ، تنتظر آذان المغرب . ولما حان الوقت ، أذن المؤذن للصلاة ، فقالت فاطمة : بسم الله الرحمن الرحيم ، ومدت يدها للطعام .
    قال الوالد : لا يا هند ، كلي تمرة ، أو اشربي كوبا من الماء . وتتعجب فاطمة ، وتسأل : لماذا يا أبي ؟ ! قال الوالد : لقد وجهنا الرسول الكريم إلى ذلك .

تدريب 3

أدخِل لام الجر على الكلمات الآتية واذكر ما حدث فيها من تغيير .
العمل ـ الطالب ـ المعلم ـ المدرسة ـ الخير ـ الإنسان ـ الصدق ـ السماء ـ الحياة ـ الهواء ـ المسجد ـ المدرسة ـ الملعب ـ الماء .

تدريب 4

العسل
       العسل مصدر قوي للطاقة والنشاط ، وكثيرًا ما أغنى سكان المناطق الجبلية ، الذين كانوا يمارسون أشق الأعمال ، ولا يجدون موارد ثابتة للغداء . ومما يعرف عنه أنه يُمتص مباشرة في الدورة الدموية ، وثبت للدراسات الطبية أنه يعين قنوات الأسنان على العمل .

تدريب 5
الكتاب صديقي

      إن الصديق الذي نجده متى بحثنا عنه هو الكتاب ، فللكتاب نفعه ، وللعبر التي يحويها فوائد ، وللجلوس معه مواعظ ، لله دره من صديق ! فما أكثر نفعه للمتعلم ! والمعلم ! وما أحوجنا للبحث عنه ! والاستفادة منه !

تدريب 6

الجبيل
      مناطق خصصت لمصافي النفط ، وأخرى أعدت للصناعات البترولية ، وثالثة تعد لمصانع تشكيل المعادن ، ورابعة ستقام عليها مصانع لمواد البناء . رجع ماجد إلى أبيه وقال : إن منطقة الجبيل تبشر بالخير ، وتحمل الرخاء ، والتقدم للبلاد .

تدريب 7

الطريق للسائرين
       وقف صاحب السيارة ، وأصر أن يقدم غالبا وأصحابه للشرطة . قال لهم : الطريق للمارة ، وليس للعب بالكرة .
      قال همام : نحن آسفون . قال : وهل يرد الأسف زجاج السيارة ؟ قال همام : حقا . نحن غلطنا ، ولن نعود إلى اللعب في الطريق . قال : قولوا هذا للشرطة .

تدريب 8

الوفاء
      الوفاء مراعاة للعهد ، وتجنب لخلف الوعد ، وحفظ للود ، وهو أحق الأفعال بالشكر والحمد ، فمن تحلى بالوفاء ، ورعى العهد للخلان ، وحفظ الحقوق للأوطان ، وجبت مودته ، وعاش هادئًا باله ، مرتاحًا ضميره ، رغيدًا في العيش حلوه ومره .

تدريب 9

منزل الأسرة
       أسكن مع أسرتي في منزل قريب من مدرستي ، وللمنزل باب واسع ، وفيه غرف كثيرة : غرفة للجلوس ، وغرفة للمطبخ ، وغرفة للنوم ، وأمام منزلنا حديقة صغيرة ، فيها كثير من الأزهار ، والأشجار ، وبجواره مسجد نؤدي فيه الصلاة مع سكان الحي .

الجزء الثاني

أولا ـ الألف اللينة في آخر الأسماء ، والأفعال ، والحروف

الأمــثلة

مجموعة 1
أ ـ يحيى ـ يسعى ـ تولى ـ استعلى ـ كبرى ـ منتدى ـ مستشفى .
ب ـ  دنيا ـ يحيا ـ خطايا ـ استحيا .

مجموعة 2
أ ـ عصا ـ ذرا ـ خطا ـ غزا ـ دنا .
ب ـ مشى ـ هدى ـ سعى ـ جرى .

مجموعة 3
أ ـ أنا ـ ما ـ هذا ـ إذا .
ب ـ متى ـ لدى ـ أنّى ـ الألى .

مجموعة 4
أ ـ كلاّ ـ هلاّ ـ لولا ـ لوما .
ب ـ إلى ـ بلى ـ على ـ حتى .
مجموعة 5
أ ـ فرنسا ـ أمريكا ـ طنطا ـ سوريا ــ موسيقا .
ب ـ موسى ـ عيسى ـ متّى ـ بخارى ـ كسرى ـ حنّى .

القاعــــدة
1 ـ أ ـ إذا جاءت الألف اللينة رابعة أو أكثر في آخر الفعل أو الاسم المعرب كتبت على صورة الياء هكذا " ى " كما في فقرة " أ " من مجموعة " 1 " .
ومثل : استقوى ـ أعطى ـ أغنى ـ منتهى ـ  مرتضى ـ ليلى ـ ذكرى .
ولا فرق فيما سبق أن يكون أصلها الياء أو الواو ، أو كانت زائدة أو للتأنيث ، للإلحاق* .
ب ـ إذا سبقت الألف بياء ، تكتب ألفا كما تنطق هكذا " ا " .
كما في فقرة " ب " من مجموعة " 1 " .
ومثل : استحيا ـ محيّا ـ ثريّا ـ عُليّا ـ عليا ـ دنيا .
تنبيه : أ ـ يتم التفريق بين الاسم " يحيى " والفعل " يحيا " أن ألف الاسم تكتب على صورة الياء " ى " ، وألف الفعل تكتب ألفا كما تنطق " ا " .
ـــــــــــــــــــــــ
* زيادة ألف لينة في آخر الاسم المقصور ، لتلحقه بوزن اسم آخر . كزيادة الألف في كلمة  " أَرْطَى " ، وهو نوع من الشجر ثمره مر ، وقد زيدت فيه لتلحقه بوزن " جَعْفَر " ، : فَعلل .
وكزيادة الألف في كلمة " ذِفْرَى " وهو عظم خلف الأذن ، لتلحقه بوزن " دِرْهَم " ، : فِعلل .

ب ـ في كلا الشكلين " ى ، ا " تسمى الألف : الألف المقصورة .
2 ـ إذا جاءت الألف ثالثة ينظر إلى أصلها :
أ ـ إن كانت منقلبة عن واو ، أو كانت مجهولة الأصل ، كتبت ألفا كما تنطق " ا " كما في فقرة " أ " من مجموعة " 2 " .
  ومثل : عدا ـ دعا ـ عفا ـ علا . ذرا .
ب ـ وإن كانت منقلبة عن ياء كتبت على صورة الياء بدون نقط " ى " .
كما في فقرة " ب " من مجموعة " 2 " . 
ومثل : قضى ـ فتى ـ رحى ـ رمى ـ مُدى .
تنبيه :
1 ـ يمكن معرفة أصل الألف بتثنية الاسم إذا كان مفردا .
مثل : عصا ـ عصوان ، رحى ـ رحيان .
أو برده إلى مفرده إن كان مجموعا .
مثل : ذرا ـ ذروة ، خطا ـ خطوة ، مُدى ـ مدية .
أو بمضارع الفعل .
مثل : غزا ـ يغزو ، دعا ـ يدعو ، رمى ـ يرمى .
2 ـ شذت " كلاّ " عن القاعدة وكتبت بألف كما ننطقها " ا " مع أن ألفها رابعة ولم يسبقها ياء ، والقياس أن تكتب بألف تشبه الياء " ى " . وكتبت        
" كلا " و " كلتا " بألف كما تنطق " ا " على غير القاعدة ، مع أن ألفهما ثالثة ، وذلك حملا على " كلاّ " .
3 ـ أ ـ تكتب الألف في آخر الأسماء المبنية ألفا كما تنطق " ا " . كما في فقرة " أ " من  المجموعة " 3 " .
ومثل : مهما ـ ماذا ـ ذا .
ب ـ وتستثنى الكلمات الآتية فإن ألفها تكتب على صورة الياء " ى " ، وهى : متى ـ لدى ـ أنّى ـ الألى .

4 ـ أ ـ كتابة الألف في آخر حروف المعاني .
المقصود بحروف المعاني : حروف الجر ، والجزم ، والنصب وما إلى ذلك من الحروف التي تؤدى معنى من خلال الكلام . وهى غير الحروف الهجائية التي تعرف بحروف المباني ، أى الحروف التي تتكون منها الكلمة أو مجموع الكلام .
تكتب الألف في آخر حروف المعاني ألفا كما تنطق " ا " .
مثل : كلاّ ـ هلاّ ـ لولا ـ لوما .
ب ـ ما عدا : إلى ـ بلى ـ على ـ حتى .

5 ـ أ ـ تكتب الألف اللينة في آخر الأسماء الأعجمية " الأجنبية " ألفا كما تنطق " ا " . كما في فقرة " ا " من المجموعة " 5 " .
ومثل : يافا ـ بنها ـ كندا ـ سويسرا ـ روما ـ أفريقيا أوروبا .
ب ـ ماعدا : موسى ـ عيسى ـ متّى ـ حنّى ـ بخارى كسرى . فإنها تكتب على صورة الياء " ى " .

تدريبات
تدريب 1

فتى بطل
       في ليلة رهيبة اجتمع فتيان قريش حول بيت النبي ، يريدون قتله ، وكان الله معه ، وقد أوحى إليه بالهجرة ، فطلب من على بن أبى طالب أن ينام على سريره ، ويتغطى ببردته ، فلم يتردد ـ رضي الله عنه ـ وعرض نفسه للموت . وخرج النبي من بيته ، وقد أعمى الله أبصارهم عنه ، فلم يروه ، ومضى في هجرته .

تدريب 2

من الأحاديث النبوية
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " مثل المؤمنين في توادهم ، وتراحمهم ، وتعاطفهم مثل الجسد ، إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر الأعضاء بالسهر والحمى " .
وقال : " ما قل وكفى ، خير مما أكثر وألهى " .
وقال : " واليد العليا خير من اليد السفلى " .

تدريب 3

اليمامة والصياد
       خرج صياد ومعه بندقية متوجها إلى إحدى الغابات ، باحثا بين أشجارها عن الطير . ولم يجد شيئا ، وهم بالعودة من حيث أتى ، فسمع حمامة تسجع بأعلى صوتها من إحدى الأشجار .
      دنا من تلك الشجرة بحذر تم سدد البندقية إلى الحمامة فأصابها الردى ، ولم تذهب رحلة الصياد سدى .

تدريب 4

وصف على بن أبى طالب
       كان علىّ علم الهدى ، وكهف التقى ، ومجمل الحجا ، وبحر الندى ، وبيت العلا ، داعيا الورى إلى المحجة العظمى ، متمسكا بالعروة الوثقى ، خير من آمن واتقى ، وأفضل من تقمص وارتدى ، وأبر من انتقل وسعى ، وأفصح من تنفس وقرأ ، وأكثر من شهد النجوى ، سوى الأنبياء ، والنبي المصطفى .

تدريب 5

سورة الضحى
بسم الله الرحمن الرحيم
( والضحى والليل إذا سجى ، ما ودعك ربك وما قلى ، وللآخرة خير لك من الأولى ، ولسوف يعطيك ربك فترضى ، ألم يجدك يتيما فآوى، ووجدك ضالا فهدى ، ووجدك عائلا فأغنى ، فأما اليتيم فلا تقهر ، وأما السائل فلا تنهر ، وأما بنعمة ربك فحدث ) .

تدريب 6

عمر بن عبد العزيز
          تولى الخلافة حيث أحيا سنة المصطفى ، ولم يرو عنه أنه استعلى على أحد ، أو استحيا في حق ، عرف بالزهد في الدنيا ، والتقوى في المولى جل وعلا ، وكم دعا إلى الانصراف عن مباهج الحياة الأولى ، والعمل للآخرة ، وكان ينأى عن كل ما يغضب الله سبحانه وتعالى .

تدريب 7

الحيوانات الداجنة
        منذ آلاف السنين. والإنسان يُعنى بالحيوانات الداجنة . يحافظ عليها ، ويستفيد منها . وقد أصبحت هذه الحيوانات تعتمد عليه أشد الاعتماد في الحصول على المرعى ، والعلف والمأوى ، والوقاية من المرض والعدوى ، وفى عصرنا الحاضر يهتم الناس بتأسيس المزارع لتربية المواشي والدواجن .

تدريب 8

الفلاح
       الفلاح رجل نشيط يسكن القرى ، يحب الخير ويكره الشر ، ويمقت الأذى لأي فرد من الورى ، يخرج كل يوم وقت السرى وهو يسرع الخطا إلى حقله ومزرعته ، حيث يبذر الحب ، أو يسقي الزرع أو يجني الثمر .
     الفلاح سعيد بحياته ، يخرج قبيل الضحى إلى إحدى الربا القريبة ليستنشق شذى الأزهار ، وأريج الورد ، ويمتع ناظريه بقطرات الندى ، ومتعته الوحيدة صيد القطا ، سواء بالشراك أم بالحصى .

ثانيا ـ الهمزة المتطرفة :

الأمــثلة

أ ـ الهمزة على الألف :  

ملأ ، بدأ ، لجأ ، أرجأ ، أطفأ ، نبأ ، ملجأ ، منشأ ، الأسوأ ، اختبأ .

ب ـ الهمزة على الواو
لؤلؤ ، يجرؤ ، جؤجؤ ، بؤبؤ ، أمرؤ ، بطؤ ، التكافؤ ، تلألؤ ، التواطؤ ، تلكؤ .

ج ـ الهمزة على الياء
يقرئ ، ينشئ ، شاطئ ، مفاجئ ، البارئ ، سيئ ، يستهزئ ، لآلئ
يطفئ ، يختبئ .

د ـ الهمزة على السطر
دفء ، بطء ، شيء ، فيء ، هواء ، لجوء ، هدوء ، مريء
جريء ، مليء .

القاعـــــدة
        الهمزة المتطرفة هي التي تكون في آخر الكلمة ، وتكتب حسب حركة الحرف المتحرك قبلها .
1 ـ إن كانت حركة الحرف التي قبلها فتحة كتبت على الألف ، كما في " أ " .
2 ـ وإن كان ما قبلها مضموما كتبت على الواو . كما في " ب " .
3 ـ وإن كانت حركة الحرف الذي قبلها كسرة كتبت على الياء . كما في " ج " .
4 ـ وإن كان ما قبلها ساكنا كتبت على السطر . كما في " د " .
تنبيه :
     1 ـ تكتب على السطر إذا سبقها "واو " مشددة مضمومة .
         مثل : التبوُّء ـ التسوُّء ـ التضوُّء .
    2 ـ  إذا أضيف الاسم المنتهى بهمزة بعد ألف إلى ضمائر الغائب فإن الهمزة تكتب على النحو التالي :
    1 ـ في حالة النصب تكون مفردة . استثناء من القاعدة العامة التي تقول : تكتب الهمزة على الألف في وسط الكلمة إذا جاءت مفتوحة بعد حرف ساكن .
        مثال النصب : نال اللص جزاءه .     وسمع الله دعاءهم .
   2 ـ في حالة الجر تكتب على الياء .
       مثال : عمل محمد بآرائه .      وحلقت الطائرات في سمائه .
   3 ـ في حالة الرفع تكتب على الواو .
       مثال : جدة سماؤها صافية .     ورجاؤك مسموع .

تدريبات

تدريب 1
اذكر سبب كتابة الهمزة على النحو الذي كتبت عليه في الكلمات الآتية على غرار المثال الأول .
الهمزة          سبب كتابتها متطرفة
ـــــــــــــــــــ
يجرؤ           ما قبلها مضموم
قارئ
دفء
تواطؤ
مبتدئ
لؤلؤ
سماء
مملوء
بطيء

تدريب 2

الشمس
        إن لضوء الشمس وأشعتها أهمية بالغة في حياتنا ، فبالإضافة إلى أنها تضئ الكون ، فهي تبعث الدفء أيام الشتاء . ولها أثر كبير على صحة الإنسان ؛ لأنها تقتل الجراثيم التي تنشأ وتسبب أمراضا كثيرة .
      ومع أهمية الشمس فلا بد للإنسان إذا أصيب بالداء أن يستشير الطبيب في أسرع وقت ليصف له الدواء ، دون تلكؤ أو تباطؤ ، وحتى لا يتعرض إلى مضاعفات لا يرجى بعدها البرء أو الشفاء .

تدريب 3

الحضارة الإسلامية
       امتد أثر الحضارة الإسلامية فملأ المشرق والمغرب ، وكانت دون ريب الضوء الذي شع فعم العالم كله ، بل كان بدء الثورة المعرفية التي ظهرت آثارها في عالمنا الحديث . وكل قارئ لهذا التاريخ يؤكد ذلك ، ولا يجرؤ أحد على نكرانه ، أو التشكيك في حقيقته ، وإلا فهو متجن مخطئ .

تدريب 4

أدب الإسلام
      من أدب الإسلام أن يتجمل المرء في الزيارة ، أي أن يكون حسن الهيئة ، يتزين بالملبوس ونحو من الزينة التي أحلها الله ، سواء أكان هذا في زيارته لغيره أم في استقباله للزائرين ، جاء عبد الكريم أبو أميمة إلى أبى العالية ، وعليه ثياب صوف ، فقال أبو العالية : " إنما هذه ثياب الرهبان ، كان المسلمون إذا تزاوروا تجملوا " .

تدريب 5
من آداب الصلاة
        يحتاج المصلى في صلاته إلى جو هادئ ، يخلو فيه إلى ربه ليناجيه في سكينة ، فمن أدب المسجد الحرص على هيئة هذا المناخ الهادئ للمصلى ، فلا يجوز التشويش عليه بأي شيء كان ، لا بالقرآن ، ولا بالدعاء ، ولا بالاستغفار ، ولا بالذكر ، وما ورد من رفع الصوت ، والاستغفار والذكر بعد الصلاة كان يقصد به التعليم .

ثالثا ـ عدم زيادة الألف في آخر الاسم المنون المنصوب ، إذا كانت الكلمة منتهية بتاء مربوطة ، أو همزة قبلها ألف، أو الاسم المنتهى بهمزة متطرفة على الألف أو الاسم المنتهى بألف لينة .

الأمـــثلة

أ ـ  1 ـ قطفت من الحديقة وردةً.
    2 ـ قرأ محمد قصةً طريفةً .
    3 ـ نال المتفوق جائزةً قيمةً .

ب ـ 1 ـ اتخذ من التقوى رداءً ؛ ليكون لك وِقاءً .
     2 ـ لا تشرب أثناء الطعام ماءً .
     3 ـ لا تستنشق هواءً من فمك .  

ج ـ 1 ـ ارتكب الأحمق خطأً .
     2 ـ أعدت الحكومة مرفأً لاستقبال السفن .
     3 ـ تحفر الأرانب لها مخبأً تحت الأرض .

د ـ  1 ـ يحمل الراعي في يده عصاً يهش بها على غنمه .
     2 ـ كافأ المعلم فتىً ساعد عاجزًا .
     3 ـ  قال الشاعر : " ومن كتبت عليه خُطًا مشاها " .

القاعـــدة
الحالات التي لا تزاد فيها الألف عند تنوين النصب :
1 ـ الاسم المنتهي بتاء مربوطة .
    مثل : وردة ـ قصة ـ طريفة ـ جائزة ـ قيمة ـ جالسة ـ
          مدرسة ـ مؤمنة ـ هادفة ـ كريمة .

2 ـ الاسم المنتهي بهمزة متطرفة بعد الألف .
     مثل : رداء ـ وقاء ـ ماء ـ هواء ـ دواء ـ نداء ـ
          رجاء ـ سماء ـ دعاء ـ وفاء .
3 ـ الاسم المنتهي بهمزة متطرفة على الألف .
    مثل : خطأ ـ مرفأ ـ مخبأ ـ ملجأ ـ مدفأ ـ مرزأ ـ مرجأ .

4 ـ الاسم المنتهي بألف لينة .
    مثل : عصا ـ خطا ـ ندى ـ ذرا ـ مدى ـ سنا .

تدريبات
تدريب 1

الفأرة والأسد
       عاد الأسد إلى عرينه في الغابة ، فوجد فيه فأرةً تبحث عن شيء
تقتات به ، فلما رأت الأسد فزعت واضطربت ، ووقفت خائفةً مرتعشةً .
فطمأنها الأسد ، وقال لها : اذهبي آمنةً ، فقد عفوت عنك . فذهب عن
الفارة خوفها ، وخرجت شاكرةً للأسد عفوه وصفحه .

تدريب 2

مدينة غزة
         زرت غزة صيفًا فوجدتها مدينةً واسعةً جميلةً ، تقع على ساحل البحر الأبيض المتوسط ، لذلك يقصدها الزائرون جماعات وأفرادًا طيلة أيام العام ولاسيما في الصيف ، حبًا في جوها المعتدل صيفًا ، والدافئ شتاءً . فهم يشربون فيها ماءً عذبًا ، ويستنشقون هواءً عليلاً ، ويستمتعون بشاطئها الجميل ، وبحرها الدافئ ، وشوارعها الواسعة ، وأشجارها الخضراء ، ومناظرها الخلابة .

رابعا ـ الحالات التي تزاد فيها ألف تنوين النصب :

1ـ تزاد في الاسم المنتهي بحرف صحيح .
    مثل : شاهدت رجلاً قادمًا . وأزاول عملاً شريفًا يدر عليَّ دخلاً . واشتريت كتابًا جديدًا  .
ومثل : رجلاً ـ قادمًا ـ عملاً ـ شريفًا ـ دخلاً ـ قلمًا ـ مهدًا ـ بيتًا ـ نورًاـ سبلاً ـ وقتًا.

2 ـ في الاسم المنتهى بهمزة متطرفة قبلها واو .
    مثل : اشتريت وعاءً مملوءًا بالزيت . وتوضأ الرجل وضوءًا . ولا تعمل سوءًا .
   ومثل : مجزوءًا ـ موبوءًا ـ مبدوءًا .

3 ـ في الاسم المنتهى بهمزة متطرفة قبلها حرف صحيح ساكن لا يمكن وصله بما بعده .
   مثل : جزء ـ جزءًا ، ردء ـ ردءًا ، رزء ـ رزءًا ، بدء ـ بدءًا .
4 ـ في الاسم المنتهى بهمزة متطرفة قبلها ياء أو حرف صحيح ساكن ، ويمكن وصلهما بألف التنوين . وعندئذٍ تكتب الهمزة على نبرة .
    مثل : شيء ـ شيئًا ، بريء ـ بريئًا ، ملء ـ ملئًا ، بطء ـ بطئًا ، دفء ـ دفئًا .

تنبيه : الحالات الثلاث الأخيرة تعرف أيضا بالهمزة المتطرفة إذا نونت بتنوين النصب .
تدريبات
تدريب 1

ادخر مثل أخيك
      أقبل حسن على أبيه غاضبًا ، فقال له أبوه : ما الذي يغضبك يا بني؟ قال حسن : لقد اشتريت لأخي أكرم قلمًا جميلاً ، ولم تشتر لي قلمًا مثله ، قال أبوه : أنا لم اشتر لأخيك القلم . لتسأل أخاك : من الذي اشتراه له ؟ قال أكرم : لقد اشتريت القلم من نقودي التي ادخرتها .

تدريب 2

من صفات النبي
      كان النبي محمد ـ صلى الله عليه وسلم ـ حليمًا ، عظيمًا ، أمينًا ، صبورًا ، رؤوفًا ، واسع الصدر ، محبًا للأطفال ، مشجعًا للشباب ، وكان قائدًا عسكريًا ، لم يعرف التاريخ مثله .

تدريب 3

الغلام الجريء
         عندما تولى عمر بن عبد العزيز الخلافة ، جاءته وفود المهنئين تباعا . ومن بين هذه الوفود وفد من الحجاز ، كان يتقدمهم غلام صغير . فقال له عمر : اخرج وليتقدم من هو أكبر منك سنًا ، فأجابه الغلام : المرء بأصغريه قلبه ولسانه ، فإذا وهب الله الإنسان لسانًا  ناطقًا ، وقلبًا حافظًا ، فقد استحق الكلام في مجلسك هذا .

تدريب 4

دعاء صلاة الاستسقاء
      بعد أن يصلي الإمام ركعتين بخطبة واحدة . يرفع يديه إلى السماء ويقول : اللهم اسقنا غيثًا مغيثًا ، هنيئًا ، مريئًا ، غدقًا مجللاً،  عامًا نافعًا غير ضار ، عاجلاً غير آجل ، اللهم اسق عبادك وبهائمك ،وانشر  رحمتك ، واحيِ بلدك الميت . اللهم اسقنا الغيث ولا تجعلنا من القانطين .

ثالثا ـ الهمزة المتوسطة على الواو :

الأمــثلة

1 ـ هؤلاء قوم نُؤُم .
    كأن على رؤوسهم الطير .
    تُعزَق الأرض بالفؤوس .

2 ـ يَؤُم الإمام المصلين .
    مبدؤُنا الاتحاد قوة .
    لؤُم الرجل في تعامله مع الناس .

3 ـ قال تعالى : { هاؤم اقرؤوا كتابيه } 19 الحاقة .
    أنت مسؤول عن أداء عملك .
    لا تجعل التشاؤم يعرف الطريق إلى نفسك .

4 ـ سألني المدرس سؤالا صعبا .
    أذن المؤذن لصلاة العصر .
    لا تؤجل عمل اليوم إلى الغد .

5 ـ حجب الضباب الرؤية .
 قال تعالى : { يؤتي الحكمة من يشاء } 269 البقرة . 
لا يلدغ المؤمن من جحر مرتين .

القاعـــدة

       تكتب الهمزة على الواو في الحالات التالية :
1 ـ إذا كانت مضمومة وسبقها حرف مضموم .
مثل : نُؤُم جمع نؤوم ، رؤوس ، فؤوس ، شؤون .
2 ـ إذا كانت مضمومة وسبقها حرف مفتوح .
مثل : يَؤُم ، لَؤُم ، تَؤُز ، مبدَؤُنا ، هَؤُلاء ، يَؤُد .
3 ـ إذا كانت مضمومة وسبقها حرف ساكن .
مثل : هاؤُم ، مسؤُول ، تشاؤٌم ـ رداؤُه ، جلاؤُهم ، أرؤُس ، أكؤُس ، سماؤُه ، هواؤُه ، التفاؤُل .
4 ـ إذا كانت الهمزة مفتوحة وسبقها حرف مضموم .
مثل : سُؤَال ، مُؤَذن ، يُؤَجل ، مُؤَلف ، مُؤَن ، مُؤَامرة ، مُؤَازرة ، ذُؤَابة .
5 ـ إذا كانت ساكنة وسبقها حرف مضموم .
مثل : رُؤية ، مُؤمن ، يُؤذي ، مُؤتة ، مُؤلم ، سُؤل ، بُؤس ، مُؤنس ، اُؤتمن .

تنبيه :
1 ـ إذا وقعت الهمزة المتوسطة المضمومة أو المفتوحة بعد واو ساكنة كتبت مفردة على السطر ، خلافًا للقاعدة . مثل : كان ضوءه ساطعًا . كشف سوءة أخيه .
2 ـ يمكن كتابة الهمزة المتوسطة على الواو ، بواو واحدة كراهة توالي  حرفين من جنس واحد ، أو اختصارا عند البعض .
مثل : رؤوس : رؤس ، كؤوس : كؤس ، فؤوس : فؤس .
3 ـ تكتب الهمزة أحيانًا على السطر بعد حذف واوها ولا يمكن وصل ما قبلها بما بعدها ، وذلك إذا كانت مضمومة غير مكسور ما قبلها وتلاها واو ساكنة .
مثل : رءوس ، رءوم ، رءوف ، مرءوس .
كما يكتبها البعض على نبرة إذا أمكن وصل ما بعدها بما قبلها .
مثل : مسئول ، شئون ، فئوس .
وما سبق ذكره خلافا للقاعدة . والأحسن ما جاء وفق القاعدة الأصلية .
4 ـ تكتب الهمزة المتوسطة المضمومة على نبرة خلافا للقاعدة إذا سبقها ياء ساكنة . مثل : فيئه ، شيئه .
5 ـ تكتب الهمزة المتوسطة على السطر إذا كانت مضمومة أو مفتوحة بعد واو مشددة مضمومة .
مثل : كان تبوُّءك لأحسن المناصب مدعاة للفخر .
      إن تبوُّءك لهذا المنصب تقدير لجهودك المخلصة .
تدريبات
تدريب 1

سليمان بن عبد الملك
     يقال : إن سليمان بن عبد الملك كان مهيبا ، لا يجرؤ أن يكلمه أحد . وكان وزراؤه قد استأثروا بشؤون أغضبت الناس .فدخل عليه رجل جريء الفؤاد ، فقال له : يا أمير المؤمنين إني مكلمك بكلام سكتت عنه الألسن . إنك قد أحاط بك وزراء اشتروا دنياك بدينهم ، ورضاك بسخط ربهم ، فلا تصلح دنياك بفساد آخرتك .

تدريب 2

آكل الرؤوس
     كان أحد البخلاء لا يأكل سوى لحم الرؤوس لرخص ثمنه .
فَسُئِل يوما : لِم تؤثر هذا اللحم على غيره ؟ فهيأ نفسه لإجابة السؤال ممتدحا الرأس قائلاً : هو سيد البدن ، وفيه الدماغ . لهذا يقول الناس : فلان يرأس قومه ، أي يسودهم . ورؤساء الأمة زعماؤها . فالرأس هو المقدم ، ولحمه أطيب اللحوم . ولكن الجهلاء ما استمرؤوه لقلة معرفتهم به . فأجابه السائل : ولله في خلقه شؤون .

تدريب 3

التلفاز
      التلفاز من مبتكرات العلم الحديث ، يقتنيه الناس في بيوتهم لما له من الفوائد الجمة . فمنه نسمع المقالات الثقافية والدينية ، والأناشيد المؤثرة ، ونشاهد فيه المسرحيات الفكهة ، والتمثيليات المؤلمة ، والعروض العسكرية التي تؤدى على قرع الطبول ، وأنغام الموسيقا . وعند صلاة الجمعة أو العيدين ، أو صلاة الاستسقاء ، نرى المؤذن وهو يرفع الآذان ، ثم يخطب الإمام ، ويؤم المصلين في صلاتهم .

تدريب 4
رحلة مدرسية
        أعلن المسؤول عن الرحلات في المدرسة ، عن موعد القيام برحلة مدرسية إلى إحدى المزارع القريبة . وعين لكل مجموعة من المشتركين ما يؤدونه من أعمال : فقد كلف فؤادًا ومؤنسًا بإحضار المؤن ، والأدوات ، ومحمدًا وعليًا بتجهيز الطعام ، ورؤوفًا ، وماجدًا بنصب الخيمة ، ومد البسط . ثم اختاروا روضة جميلة ، قضوا فيها ساعات النهار ممتعين أعينهم برؤية المناظر الخلابة ، والمياه  الجارية ، ولم يكن في هذه الرحلة ما يؤذي أو يؤلم .
تدريب 5

الحج
       إن الحج مؤتمر عظيم ، شرعه الله للمسلمين . ومن أقصى الغايات التي نؤملها ، أن يتم اللقاء بين وجوه الحجيج وبين العلم والفكر ، كي يؤتي الحج أينع الثمار . ومسؤوليتنا اليوم أن نتعاون لتحقيق اللقاء بين العلماء والمفكرين من جميع البلاد . عندئذٍ يكون الحج لقاءً رائعًا ، ومؤتمرا يؤدي فيه المؤتمرون واجباتهم على أكمل وجه .

تدريب 6
حكم
        من كثر كلامه كثر خطؤه ، ومن كثر خطؤه قل حياؤه ، ومن طاب منشؤه حسن مبدؤه ، ومن أخذ كتابًا يقرؤه ، وأتم قراءته فقد ذهب ظمؤه . إياك والسآمة في طلب الأمور ، فتقذفك الرجال خلف أعقابها . ليس كل طالب ، ولا كل غائب يؤوب .

تدريب 7
من خطبة البتراء
        أما بعد : فإن الجهالة الجهلاء ، والضلالة العمياء ، والغَيّ الموفي بأهله على النار ، ما فيه سفهاؤكم ، ويشتمل عليه حلماؤكم ، من الأمور التي يشب فيها الصغير ، ولا يتحاشى عنها الكبير ، كأنكم لم تقرؤوا كتاب الله ، ولم تسمعوا ما أعد من الثواب الكريم لأهل طاعته ، والعذاب الأليم لأهل معصيته . قربتم القرابة ، وبعدتم الدين ، كل امرئ منكم يذب عن سفيه ، صُنْع من لا يخاف عاقبة ، ولا يرجو ميعادًا . ما أنتم بالحلماء ، وقد اتبعتم السفهاء .

تدريب 8

التلميذ المؤدب
        أحمد تلميذ مؤدب يؤدي الصلاة مع الجماعة . ويذهب إلى المدرسة مبكرًا للمشاركة في النشاطات الصباحية الثقافية ، والرياضية ، ولا يفوت أحمد إلقاء تحية الإسلام على كل من يقابله . وإذا بدأت الدراسة فإن أذنه مصغية ، وعينه متابعة لكل ما يصدر من مدرسيه وزملائه من مناقشات وتساؤلات ويبادر إلى المشاركة فيها . فإذا انتهت السنة الدراسية ، كانت نتائجه سارة لوالديه ومدرسيه .

تدريب 9
أول أمير في الإسلام
        انتدب الرسول صلوات الله عليه ثمانية من أصحابه للقيام بأول عمل عسكري في الإسلام ، فيهم عبد الله بن جحش ، وسعد بن أبي وقاص ، وقال : لأؤمرن عليكم أصبركم على الجوع ، والعطش ، ثم  عقد لواءهم لعبد الله بن جحش ؛ فكان أول أمير أُمِّر على طائفة من المسلمين .

Unit keempat
Bagian I

 
Pertama, pelatihan siswa untuk beberapa keterampilan ejaan sebelum studi

 
Pelatihan
Pelatihan

 
Etiket Islam

        
Islam adalah ingin membesarkan anak-anaknya untuk yang terbaik dari sikap, dan mendorong penyebab cinta dan persaudaraan di antara para anggotanya, dan melarang semua penyebab perselisihan dan kebencian, untuk hidup dalam damai dalam Tuhan.

       
Nabi mengajarkan kita saw dalam hadis untuk beberapa literatur yang menghubungkan antara Muslim dan saudara Muslimnya, dan mengencangkan ikatan persaudaraan dan kasih sayang di antara mereka, terutama perdamaian.

 
Latihan 2

 
Berhati-hati

      
Gagak mengambil memainkan kecil dan lucu: melompat dari cabang ke cabang, dan turun ke bumi, dan naik di udara, dan lebih dari gagak kecil di sekelilingnya, tidak menetap di gerakannya sejenak.

     
Ayahnya menatapnya dan berkata kepadanya: Anakku, aku seperti bisnis Anda!Tapi aku takut padamu Ashehadk pemburu dengan pistolnya, atau hewan Iftersk.

 
Pelatihan 3

 
Sistem

         
Siswa bersaing untuk kantin sekolah, mereka ingin membeli apa yang mereka butuhkan, berkata kepada mereka, Pengawas: ini berdesak-desakan mengganggu pekerjaan, dan menyia-nyiakan waktu, Anda harus Tnzmoa diri, dan masing-masing berdiri di peran. Ketika sistem siswa itu sendiri, masing-masing mampu mengambil permintaannya dan pergi dengan cepat dan diam-diam.

 
Kedua, jika kata-kata yang dimasukkan Plame diprakarsai oleh "" surya

 
Contoh 1 anak makan sarapan di ASI.
2 sejumlah besar daging berlemak mempengaruhi jantung.
3 Dokter menyarankan minum jus lemon untuk manfaat.
4 harus pada tubuh manusia memberikan hak untuk tidur di malam hari.
5 hakim memerintahkan Pemukulan pencuri dua puluh cambukan.
6 Almond bunga mekar di musim semi.

 
Al-Qaeda

       
Jika Anda memasukkan nama lam surya Plame dimulai Allaman menulis bersama-sama tanpa menghapus seperti pada contoh sebelumnya, kata-kata berikut:
Untuk bagian atas roti, berkobar Alzy, tali kekang kekang, inti dari, bubur warna, papan warna, gelombang.

 
Pelatihan
Pelatihan 1

 
Malam

      
Jika membelah malam hari, beberapa orang lebih suka bermain dan bermain, dan disiapkan oleh musuh beberapa, Vikhil munculnya pencuri dan hantu, tapi sebuah resor yang baik untuk beribadah, itu adalah Zadna Sebelum kita melanjutkan ke kubur, dan tidak akan bermanfaat bagi kita dalam saat-saat tetapi asupan tersebut.

 
Latihan 2

 
Sumber makanan

       
Ternak adalah sumber makan siang diperlukan bagi seseorang memberi kami daging, susu, yogurt dan keju.

       
Pohon buah-buahan adalah sumber dari makan siang, mereka memberi kita rasa buah yang lezat, apel, jeruk, dan Allaranj, lemon, dan sayuran, selada, mentimun, kangkung, dan lain-lain.

 
Pelatihan 3

 
Kelas

      
Siswa duduk di kelas, papan tulis di depan mereka, atau apa yang dikenal Balsburh, yang menjelaskan berbagai pelajaran oleh guru, dengan menggunakan kapur putih atau berwarna. Menggunakan papan tulis untuk menulis pena mengkilap berminyak.

     
Jendela ruangan luas, ringan dan sedang, dan besar. Berarti Komite Kesehatan yang bersih, dan mengatur tempat duduk mereka.

 
Pelatihan 4

 
Lidah

        
Lidah adalah anggota yang berbicara, dan membedakan orang yang manis, pahit, asin, dan panas, dan dingin. Bahasa dan cara untuk berbicara, dan pemahaman di kalangan masyarakat. Dan tanpa yang berurusan, termasuk referensi, atau sentuhan, dan mengobati tuli dan bisu. Apa kekuatan terbesar dari Allah! Dan menciptakan ciptaan!

 
Ketiga, menghapus menghubungkan "A" link dari "L" jika Plame surya atau bulan sebelum traksi

 
Contoh 1 batang dikreditkan kepada guru dalam pendidikan orang muda.
2 untuk banyak lemak kerusakan.
3 bersujud berdoa kepada Sang Pencipta tidak makhluk.
4 Dia mengatakan: Allah ada di sorga dan di bumi} 284 sapi.
5 manfaat tabungan.

 
Al-Qaeda

 

       
Hapus link dari "L" jika memasuki traksi L sebagai dalam kata-kata sebelumnya adalah: guru untuk guru, lemak lemak, Pencipta Sang Pencipta, makhluk makhluk itu, Allah adalah Allah, kecuali untuk tabungan.

 
Pelatihan
Pelatihan 1

 
Gempa bumi dan gunung berapi

         
Sering kali orang pergi ke korban gempa bumi dan gunung berapi, sebagai getaran kekuatan tanah diikuti dengan retak bangunan dan konstruksi, dan nyala api yang dipancarkan dari bawah gunung berapi panas yang hebat, dan aliran lava di pantai-pantai bau, dan rasa takut yang disebabkan oleh kepanikan jantung, dan ketakutan yang sama.

 
Latihan 2

 
Langsung kenabian krim

     
Keluarga duduk mengelilingi meja sarapan di bulan Ramadhan, menunggu telinga Maroko. Ketika tiba waktunya, azan, dia kata Fatima: nama Allah Yang Maha Pemurah, dan mengulurkan tangan untuk makanan.

    
Ayah berkata: Tidak, saya India, saya kencan, atau minum secangkir air. Fatima dan heran, dan bertanya: Mengapa, Ayah? Ayah berkata: Kami memberi Nabi saw untuk melakukannya.

 
Pelatihan 3

 
Masukkan traksi L pada kata-kata berikut dan ingat apa yang terjadi dari perubahan itu.
Pekerjaan guru murid sekolah kebaikan kehidupan manusia, kejujuran masjid langit udara, sekolah, taman bermain air.

 
Pelatihan 4

 
Madu

       
Madu merupakan sumber energi yang kuat dan aktivitas, dan sering orang-orang pegunungan terkaya, yang terlibat dalam bisnis yang paling sulit, dan tidak memiliki sumber daya tetap untuk makan siang. Hal ini diketahui bahwa itu diserap langsung ke dalam sistem peredaran darah, dan penelitian medis membuktikan bahwa memberikan saluran untuk pekerjaan gigi.

 
Pelatihan dari 5
Buku teman saya

 

      
Teman yang menemukannya adalah ketika kita membahas buku, utilitas Vlketab, dan melalui manfaat yang dikandungnya, dan duduk dengan dia berkhotbah, Tuhan Dora dari seorang teman! Apa manfaat yang lebih kepada pelajar! Dan guru! Dan 'perlu mencari untuk itu! Dan mengambil keuntungan dari itu!

 
Pelatihan 6

 
Jubail

      
Daerah yang ditujukan untuk kilang minyak, dan olahan lainnya untuk industri minyak bumi, dan yang ketiga adalah untuk pabrik-pabrik, logam, dan keempat akan diselenggarakan oleh pabrik untuk bahan konstruksi. Majid kembali ke ayahnya dan berkata: Al-Jubail, menjanjikan, dan dengan kemakmuran kemajuan, dan negara.

 
7 th

 
Cara berjalan

       
Menghentikan mobil, dan bersikeras bahwa teman-temannya dan sering menyajikan kepada polisi. Ia berkata kepada mereka: cara pejalan kaki, bukan untuk bermain bola.

      
Hammam mengatakan: Mohon maaf. Dia mengatakan: Apakah sayangnya kaca mobil? Hammam mengatakan: memang. Gtuna Kami tidak akan kembali bermain di jalan. Dia mengatakan: Katakanlah ini kepada polisi.

 
Pelatihan 8

 
Untuk memenuhi

      
Memenuhi pikiran Kovenan, dan untuk menghindari di belakang janji, menjaga persahabatan yang hangat, yang lebih layak berkat tindakan dan pujian, itu akan ditampilkan untuk memenuhi, dan mensponsori Holan Kovenan, dan menyimpan hak-hak tanah air, mereka harus mencintainya, dan dia tinggal pikiran yang tenang, nyaman dengan hati nuraninya, Rgida untuk hidup pahit.

 
Kereta 9

 
Rumah keluarga

       
Saya tinggal dengan keluarga saya di sebuah rumah dekat dengan sekolah saya, dan pintu rumah lebar, dan banyak ruangan: ruang untuk duduk, dan ruang untuk dapur, ruang tidur, dan di depan rumah kami sebuah taman kecil, di mana banyak bunga-bunga, pohon, dan di sebelah masjid yang kita lakukan doa dengan penduduk dari lingkungan.

 
Bagian II

 
Pertama, lembut dalam seribu nama terakhir, dan perbuatan, dan surat

 
Contoh Kelompok 1
Yahya berusaha mengambil sebuah forum Astaly rumah sakit besar.
Dosa dunia untuk hidup Asthia.

 
Kelompok 2
Sebatang tongkat dimaksudkan untuk membuang DNA misteri baris.
B berjalan Huda dicari.

 
Kelompok 3
Saya bagaimana jika.
Ketika saya dengan robot.

 
Kelompok 4
A. Baik Hala dan Lula.
B untuk memakai pada bahkan.
Kelompok 5
Perancis, seorang Amerika Suriah Tanta musik.
B Moussa Isa ketika Bukhara Chosroes membungkuk.

 
Al-Qaeda
1 Sebuah lembut ribu apakah itu yang keempat atau lebih dalam tindakan lalu menyampaikan atau nama tertulis dalam citra Z. Jadi, "Z" seperti dalam ayat "a" dari "1".
Seperti: Astqoy memberikan sangat terkaya ulang tahun berikut Murtaza.
Tidak ada perbedaan di masa lalu yang memiliki asal mereka atau Z waw, atau yang berlebihan atau feminisasi, untuk menambah *.
Jika didahului oleh Bia ribu, menulis demikian untuk mengucapkan alpha sebagai "A".
Seperti dalam ayat "b" dari "1".
Seperti: wajah rendah kaya Asthia tinggi tinggi.
PERHATIAN: menjadi perbedaan antara nama "Yahya" dan kata kerja "hidup" Sebuah nama yang Anda ketikkan dalam gambar dari Z "Z", dan seribu ribu, karena Anda bertindak diucapkan "a".

* Peningkatan lembut dalam nama eksklusif terakhir, berat badan disebabkan oleh nama lain. Seperti meningkatkan pabrik dalam kata "Erty", jenis pohon buah lebih, telah ditingkatkan untuk menimbulkan pada berat "Jafar",: FLL.
Sebagai peningkatan pabrik dan kata "Zfry," tulang belakang telinga, yang disebabkan oleh berat "ons",: FLL.

 
B dalam kedua format, "Z, a" disebut milenium: sebuah pondok ribu.
2 Jika milenium ketiga dilihat sebagai asal-usul mereka:
Jika terbalik untuk F, atau yang asal tidak diketahui, saya menulis seribu dan diucapkan "a" seperti dalam ayat "a" dari "2".

  
Dan sejenisnya, kecuali Ola disebut ketinggalan jaman. Sebuah tombol.
Tapi terbalik oleh J. menulis untuk gambar dari Z tanpa poin "Z".
Seperti dalam ayat "b" dari "2".
Seperti: ia menghabiskan anak laki-laki melemparkan berbagai molar.
PERHATIAN:
1 bisa melihat dengan seribu nama Pttnah jika tunggal.
Seperti: tongkat Asoan, mengamuk Rahian.
Atau respon untuk itu selesai, jumlah tersebut.
Seperti puncak puncak, langkah demi langkah, lebih dari pisau.
Atau Bmdhara bertindak.
Seperti: misteri menyerang, disebut panggilan, melemparkan dilemparkan.
2 menyimpang "Tidak" untuk al-Qaeda dan juga menulis seribu Nntgaha "A" dengan keempat yang tidak didahului oleh yang ditulis oleh J, dan pengukuran untuk menulis seribu-seperti Z. "Z". Dan menulis
"Tidak," dan "baik" seribu dan diucapkan "a" adalah aturan, dengan ketiga Ofahma, dan beban pada "tidak."
3 (a) menulis dalam seribu seribu nama terakhir berdasarkan mengucapkan sebagai "A". Seperti dalam ayat "sebuah" kelompok "3".
Seperti: mengapa hal ini penting.
Dan untuk mengecualikan kata-kata berikut ditulis oleh tulisan pada gambar dari Z "Z", yang adalah: Ketika saya dengan robot.

 
4 huruf A menulis dalam seribu makna terakhir.
Surat ditujukan makna: preposisi, dan sepatu bot, dan monumen, dan sebagainya dari huruf yang memimpin melalui arti kata-kata. Hal ini diketahui bahwa huruf alfabet bangunan, setiap karakter yang membentuk jumlah dari kata atau kata-kata.
Menulis seribu huruf dalam seribu makna terakhir dan diucapkan "a".
Seperti: Hala baik Lula dan sebagainya.
B kecuali: untuk dipakai di bahkan.

 
5 Sebuah menulis lembut dalam seribu nama terakhir Aloagamah "asing" Alfa diucapkan sebagai "o". Seperti dalam ayat "sebuah" kelompok "5".
Dan seperti: susu Jaffa Kanada Eropa Afrika Swiss Roma.
B kecuali: Moussa Isa ketika membungkuk fraksi Bukhara. Ini menulis gambar dari Z "Z".

 
Pelatihan
Pelatihan 1

 
Boy pahlawan

       
Pada malam anak laki-laki mengagumkan bertemu Quraish tentang keluarga Nabi, mereka ingin membunuhnya, dan Allah bersamanya, telah mengilhami dia untuk imigrasi, ia meminta Ali bin Abi Thalib untuk tidur di tempat tidurnya, dan Berdth Itagty, tidak ragu-ragu ra dengan dia dan disajikan sendiri sampai mati. Nabi keluar dari rumahnya, Allah telah membutakan mata mereka dengan dia, tidak melihatnya, dan pergi ke emigrasi nya.

 
Latihan 2

 
Dari kenabian
Rasulullah saw: "Orang percaya dalam saling mencintai mereka, dan belas kasihan, dan kasih sayang dari tubuh, ketika salah satu bagian anggota lain bergabung gelisah dan demam."
Dia berkata: "Apa Katakanlah sudah cukup, lebih baik daripada kebanyakan dan Tuhan saya."
Dia berkata: "Tangan atas adalah lebih baik daripada tangan yang lebih rendah."

 
Pelatihan 3

 
Yamama, dan nelayan

       
Nelayan pergi dengan senapan dalam perjalanan ke hutan, mencari antara pohon-pohon untuk burung. Tidak menemukan apa pun, dan mereka kembali ke mana ia datang, ia mendengar suara burung merpati Tsdja paling keras dari pohon.

      
DNA dari bahwa pohon dengan hati-hati dibayarkan kepada Dove Venesia Alrdy rusak, perjalanan nelayan tidak pergi sia-sia.

 
Pelatihan 4

 
Deskripsi bin Abi Thalib

       
Menyadari bimbingan, dan Gua bertemu, dan Ahadja keseluruhan, Laut embun, dan Beit Ula, memanggil Alory untuk Amahgh Besar, menempel pada pegangan paling terpercaya, adalah lebih baik daripada yang aman dan ketakutan, dan yang terbaik dari reinkarnasi dan mengenakan, dan jarum dari pindah dan mencari, dan bernilai napas dan membaca, dan lebih berpengalaman intim, tetapi para nabi, Nabi.

 
Pelatihan dari 5

 
Sura dhuha
Dalam nama Tuhan Maha Penyayang
(Pertengahan-pagi dan malam hari ketika gelap, apa apalagi Tuhanmu, dan digoreng, dan di akhirat adalah lebih baik bagi Anda daripada yang pertama, dan akan memberikan Tuhanmu Fterdy, tidak menemukan Anda sebuah Vaoy yatim piatu, dan Ogdk hilang, Fahady, dan Ogdk keluarga terkaya, yatim baik tidak terkalahkan, dan cairan tidak runtuh, dan kasih karunia Tuhanmu .)

 
Pelatihan 6

 
Umar bin Abdul Aziz

          
Mengambil alih kekhalifahan, di mana tinggal Sunnah Nabi, bukan diriwayatkan bahwa ia Astaly pada satu, atau Asthia di kanan, yang dikenal sebagai asketisme pada di dunia ini, dan kesalehan dalam TUHAN semesta alam, bagaimana dipanggil untuk berpaling dari sukacita kehidupan pertama, dan bekerja untuk akhirat, dan jarak untuk semua murka Allah Mahakuasa.

 
7 th

 
Domestik hewan

        
Selama ribuan tahun. Dan manusia berarti hewan domestik. Mempertahankan itu, dan menggunakannya. Telah menjadi hewan-hewan ini bergantung pada hal itu untuk mendapatkan yang paling ketergantungan pada pakan ternak, padang rumput dan tempat tinggal, dan pencegahan penyakit dan infeksi, dan pada orang waktu kita tertarik dalam membangun peternakan untuk ternak dan unggas.

 
Pelatihan 8

 
Petani

       
Desa-desa petani dihuni manusia aktif, ia mencintai yang baik dan membenci kejahatan, dan membenci membahayakan setiap anggota Alory, keluar setiap hari, yang mempercepat waktu rahasia salah bidangnya dan peternakan, di mana menabur cinta, penanaman atau penyiraman atau menuai buah.

     
Kata petani dengan hidupnya, dia keluar menjelang pertengahan pagi untuk salah satu bunga riba menghisap Shada dekatnya, dan Areej Roses, dan menghibur matanya dengan tetes embun, dan kenikmatan memancing Qata saja, perangkap, apakah atau kerikil.

 
Kedua Hamza ekstrimis:

 
Contoh Sebuah Hamza seribu: Dipenuhi, mulai, berbalik, menunda, mematikan, berita, tempat berlindung, asal, yang terburuk, bersembunyi.

 
Waw dengan Hamza pada
Mutiara, berani, carina, murid, seorang pria, kecepatan lambat, paritas, kilau, kolusi, berkeliaran.

 
C pada Hamzah Z
Ikri, membangun, pantai, tiba-tiba, Sang Pencipta, buruk, mengolok-olok, mutiara
Memadamkan, menyembunyikan.

 
Hamza pada baris d
Hangat, lambat, apa saja, teduh, udara, resor, tenang, esofagus
Berani, penuh.

 
Al-Qaeda

        
Hamza adalah ekstrim yang di kata terakhir, dan menulis surat oleh gerakan mobile sebelumnya.
1 Gerakan itu diterima oleh surat saya menulis slot seribu, seperti dalam "A".
2 dan itu apa yang datang sebelumnya Amadmoma bahasa tertulis. Seperti dalam "b".
3 dan itu sebelum gerakan karakter yang ditulis di selembar Omega. Seperti dalam "c".
4 dan untuk apa yang datang sebelumnya ada yang ditulis di telepon. Seperti dalam "d".
PERHATIAN:

     
1 menulis pada baris jika didahului oleh paket "F" ketat.

         
Seperti: Aksesi Altsu Altazave.

    
2 Jika nama telah ditambahkan ke akhir, setelah Bhmzh A ke hati nurani yang tidak ada, Hamza ditulis sebagai berikut:

    
1 jika monumen menjadi satu. Pengecualian dari aturan umum yang mengatakan: Hamza menulis seribu di tengah kata jika itu terbuka setelah konsonan.

        
Contoh monumen: pencuri mendapat dihukum. Dan Allah mendengar doa mereka.

   
2 dalam kasus traksi pada menulis.

       
Contoh: karya Muhammad pandangannya. Pesawat terbang di langit.

   
3 Jika Anda mengangkat bahasa.

       
Contoh: Jeddah langit bersih. Dan harapannya pada terdengar.

 
Pelatihan Pelatihan 1
Saya ingat menulis alasan Hamza seperti itu tertulis dalam kata-kata berikut sebagai contoh pertama.
Menyebabkan ekstremis Hamza ditulis

Apa yang datang sebelum berani Amadmom
Pembaca
Kehangatan
Kolusi
Orang baru
Mutiara
Langit
Dipenuhi dengan
Lambat

 
Latihan 2 Matahari

        
Cahaya matahari dan sinar yang sangat penting dalam hidup kita, di samping itu mereka menyala alam semesta, menghangatkan hari musim dingin. Dan memiliki dampak signifikan pada kesehatan manusia; karena membunuh kuman yang muncul dan menyebabkan banyak penyakit.

      
Mengingat pentingnya matahari harus jika TB orang yang terluka harus berkonsultasi dengan dokter Anda secepat itu menjelaskan obat, tanpa penundaan atau memperlambat, dan bahkan tidak terkena komplikasi tidak maka silakan penyembuhan atau penyembuhan.

 
Pelatihan 3

 
Islam peradaban

       
Penyebaran dampak peradaban Islam adalah mengisi Mashreq dan Maghreb, dan tanpa diragukan sinar memenuhi sampai melimpahi seluruh dunia, tapi awal dari efek revolusi kognitif yang muncul dalam dunia modern. Setiap pembaca sejarah ini menegaskan hal ini, orang tidak berani disangkal, atau untuk pertanyaan kebenaran, kalau tidak Mottagn salah.

 
Pelatihan 4

 
Sastra Islam

      
Dari literatur Islam untuk mempercantik mengunjungi seseorang, yaitu tubuh yang baik, dihiasi dengan Palmbos dan beberapa dekorasi yang Allah telah diizinkan, apakah ini dalam kunjungannya ke yang lain atau dalam penerimaan pengunjung, kata Abdel Karim Abu Omaima untuk menolak tinggi, dan wol pakaian itu, kata Abu tinggi, "namun pakaian ini bhikkhu, Muslim, jika Tzauroa Tgmiloa."

 
Pelatihan dari 5
Etiket doa

        
Perlu doa dalam doa kepada suasana tenang, tanpa Tuhan di Anajia pisau, itu adalah literatur masjid keprihatinan bagi tubuh suasana tenang kapel, mungkin ada gangguan oleh sesuatu yang tidak Alquran, atau doa, atau pengampunan, tidak menyebutkan, dan laporan menaikkan suara, dan mencari pengampunan dan zikir setelah shalat itu dimaksudkan sebagai pendidikan.

 
Ketiga, tidak ada peningkatan dalam nama gesper milenium terakhir Almansob, jika kata selesai diikat BTA, atau sebelum menghubungkan A, atau nama mengakhiri Bhmzh ekstrim seribu atau nama mengakhiri lembut ribu.

 
Contoh A-1 dipetik dari kebun dan mawar.

    
2 Muhammad membaca cerita lucu.

    
3 menerima penghargaan nilai yang unggul.

 
B-1 mengambil jubah kesalehan, untuk memiliki yang Anda temui.

     
2 Jangan minum air selama makanan.

     
3 tidak menghirup udara dari mulut Anda.

 
C kesalahan bodoh yang dilakukan 1.

     
Pemerintah telah menyiapkan 2 port untuk menerima kapal.

     
3 kelinci menggali bunker bawah tanah mereka.

 
D-1 membawa tongkat di tangannya gembala dari domba Ahish.

     
2 guru dihargai anak itu membantu berdaya.

     
3 penyair mengatakan: "Hal ini ditulis pada baris, bepergian."

 
Al-Qaeda
Kasus tidak ditingkatkan dengan seribu ketika Anda merencanakan monumen:
1 Nama BTA berakhir diikat.

    
Seperti: naik hadiah cerita lucu duduk

          
Sekolah terkunci martabat bermakna.

 
2 Bhmzh Nama berakhir setelah ribu radikal.

     
Seperti jubah dan memenuhi air banding udara obat

          
Harap doa langit dan pemenuhan.
3 Nama Bhmzh berakhir ekstrim ribu.

    
Seperti: Kesalahan tembolok Mirza pelabuhan penampungan dipanaskan ditunda.

 
4 Nama mengakhiri lembut ribu.

    
Seperti: tongkat baris atas puncak Nada tua.

 
Pelatihan
Pelatihan 1

 
Mouse dan singa

       
Assad kembali ke ruang kerjanya di hutan, ia menemukan mouse mencari sesuatu
Makanlah itu, ketika ia melihat singa itu takut dan bingung, takut dan gemetar berdiri.
Aftmonha Assad, dan mengatakan padanya: Pergilah di tempat yang aman, telah mengampuni Anda. Dia melanjutkan
Tikus ketakutan, dan keluar bersyukur untuk pengampunan singa dan halaman.

 
Latihan 2

 
Kota Gaza

         
Saya mengunjungi Gaza City di musim panas dan menemukan mereka cukup luas, terletak di pantai Mediterania, sehingga pengunjung sering dikunjungi oleh kelompok-kelompok dan individu sepanjang hari dalam setahun, terutama pada musim panas cinta untuk cuaca ringan di musim panas dan hangat di musim dingin.Mereka minum air segar, dan menghirup udara sakit, dan menikmati Bashatiha indah, laut yang hangat, dan jalan-jalan lebar, dan pohon-pohon hijau, dan pemandangan indah.

 
Keempat, kasus-kasus di mana Anda berencana untuk ditingkatkan di mana monumen A:

 
1 meningkat dalam nama berakhir dengan huruf dengan benar.

    
Seperti: Aku melihat seorang pria datang. Dan sementara melakukan sebuah pekerjaan yang jujur ​​untuk menghasilkan pendapatan. Saya membeli sebuah buku baru.
Dan seperti seorang pria datang penghasilan pekerjaan yang jujur ​​jarang buaian beta Nora cara dan waktu.

 
2 dalam nama berakhir F ekstrim Bhmzh sebelumnya.

    
Seperti: saya membeli sebuah pot penuh dengan minyak. Dan apakah orang-orang wudhu dan cahaya. Apakah tidak bekerja buruk.

   
Seperti: Mdzua Mopooua Mbdua.

 
3 dalam nama karakter sejati berakhir ekstrim Bhmzh sebelum warga tidak dapat tersambung setelah itu.

   
Seperti: bagian bagian, doggy Rdoua, menderita Rzea, dari awal.
4 dalam nama berakhir Bhmzh ekstrim sebelum J atau surat dengan benar penduduk, dan dapat menghubungkan mereka dengan karakter seribu atau khusus.Dan kemudian menulis Hamza pada nada.

    
Seperti: sesuatu sesuatu, bersalah, bersalah, mengisi mengisi, lambat lambat, hangat hangat.

 
PERHATIAN: Tiga kasus terakhir, juga dikenal sebagai ekstrem jika Balhmzh Nont monumen Ptnuin.
Pelatihan
Pelatihan 1

 
Seperti menyimpan saudaramu

      
Saya menerima ayah yang baik marah, ayahnya berkata kepadanya: Apa yang membuat Anda marah, Nak? Hassan berkata: Aku membeli Akram kakakku jarang yang indah, dan aku tidak membeli pena seperti dia, ayahnya berkata: Aku tidak membeli pena saudaramu. Untuk bertanya saudara anda: Siapa yang membelinya?Akram mengatakan: Saya membeli pena uang saya yang Edjrtha.

 
Latihan 2

 
Dari atribut Nabi

      
Nabi Muhammad saw santai, bagus, jujur, sabar, lembut, dada lebar, pecinta anak-anak, mendorong orang muda, dan adalah seorang pemimpin militer, tidak tahu sejarah seperti dia.

 
Pelatihan 3

 
Bold anak

         
Ketika ia mengambil Omar bin Abdul Aziz dari suksesi, delegasi baik simpatisan datang kepadanya pada gilirannya. Di antara delegasi, delegasi dari Hijaz, dipimpin oleh seorang anak muda. Omar berkata kepadanya: pergi keluar dan membuat lebih dari itu Anda tidak, jawab anak: satu Bosgrah hati dan lidah, dan jika Tuhan memberi berbicara lidah manusia, dan pelindung jantung, mereka layak dewan Anda untuk berbicara tentang hal ini.

 
Pelatihan 4

 
Doa doa untuk hujan

      
Setelah imam berdoa dua rakaat bertunangan dengan satu. Mengangkat tangannya ke langit dan berkata: Wahai Asagna Geetha Moghaitha, selamat, itu halal, Gdakka Cilla, tahun berguna tidak berbahaya, lebih cepat daripada nanti, Esq Wahai hamba dan Bhaúmk, dan posting rahmat Anda, negara Anda dan memberi hormat kepada orang mati. O Asagna hujan tidak membuat kita Aleghantin.

 
Ketiga Hamza menengah waw:

 
Contoh Salah satu orang Nam.

    
Jika burung-burung di atas kepala mereka.

    
Tazk sumbu bumi.

 
2 Imam memimpin doa.

    
Kami titik awal kekuatan Uni.

    
Kejahatan laki-laki dalam berurusan dengan orang.

 
3 Dia mengatakan: Baca buku Pengembara Tak Terelakkan 19!.

    
Anda bertanggung jawab untuk kinerja bisnis Anda.

    
Jangan biarkan pesimisme tahu jalan untuk diri sendiri.

 
4 guru bertanya padaku pertanyaan yang sulit.

    
Para muadzin untuk waktu shalat.

    
Jangan menunda pekerjaan hari ini sampai besok.

 
5 Kabut visi blok.

 
Dia mengatakan: ia ingin menanggung kebijaksanaan sapi 269}.
Orang percaya tidak digigit, dua kali malu.

 
Al-Qaeda

 

       
Hamza menulis pada waw dalam kasus berikut:
1 jika paket tersebut telah Amadmom karakter.
Seperti: koleksi Bil Nam, kepala, kapak, urusan.
2 Jika paket dan didahului oleh sebuah surat terbuka.
Seperti: memimpin, kedengkian, berdengung, titik awal kita, memimpin orang-orang ini.
3 Jika paket dan didahului oleh konsonan.
Seperti: nomaden, resmi, jubah pesimisme, pemindahan mereka, Eras, Okas, langit, Hoaah, optimisme.
4 Jika Hamza dan didahului oleh Amadmom surat terbuka.
Pertanyaan seperti itu, para muazin, ditunda, persediaan penulis, konspirasi, dukungan, koma.
5 apakah itu statis dan didahului oleh Amadmom karakter.
Seperti: visi, beriman, merugikan, Mutah, menyakitkan, ia bertanya, kesengsaraan, bersosialisasi, ia dipercayakan.

 
PERHATIAN:
1 jika ditandatangani Hamzah menengah paket atau membuka-setelah menulis statis F. Tunggal baris, bertentangan dengan aturan. Seperti cahaya yang bersinar.Terungkap buruk saudaranya.
2 dapat ditulis Hamza menengah waw, Boao salah satu makruh suksesi dari dua karakter jenis kelamin yang sama, atau cara pintas ke beberapa.
Seperti: header: kepala, cangkir: Kas, sumbu: Vas.
3 Hamzah kadang-kadang ditulis pada baris setelah menghapus atau dia dan tidak dapat dicapai, termasuk apa yang datang sebelum itu, dan jika paket rusak apa yang datang sebelumnya dan diikuti oleh F statis.
Seperti header, keibuan, Rauf, seorang bawahan.
Seperti ditulis oleh beberapa nada, jika mungkin, tiba kemudian, termasuk sebelumnya.
Seperti: resmi, urusan, kapak.
Dan bertentangan dengan aturan di atas. Yang lebih baik dan apa yang datang di bawah pemerintahan asal.
4 tertulis di paket media kontras nada Hamza aturan sebelumnya jika J statis.Seperti: Faih, objek nya.
5 media menulis Hamza pada baris jika paket tersebut terbuka atau setelah paket F. ketat.
Seperti: asumsi Anda untuk yang terbaik dari posisi paling membanggakan.

      
Itu asumsi Anda ini penghargaan yang tulus posisi untuk usaha Anda.
Pelatihan
Pelatihan 1

 
Suleiman bin Abd al-Malik

     
Dikatakan bahwa Sulaiman bin Abdul Malik adalah serius, tidak berbicara dengannya tantangan. . Dia dan para menterinya telah membuat marah orang Astatheroa urusan Dimasukkan kepadanya lelaki yang berani-hati, berkata kepadanya: "Wahai Amirul Mukminin, saya Mklmk kata-kata dimaafkan oleh lidah.Anda telah mengambil urusan duniawi dan menteri telah membeli agama mereka, dan kepuasan dengan kemarahan Tuhan mereka, tidak sesuai korupsi duniawi Anda di akhirat.

 
Latihan 2

 
Seluruh kepala

     
Punya tightwads tidak makan daging, hanya kepala dari harga murah.
Apakah bertanya suatu hari: daging tidak mempengaruhi yang lain? Jadi pergi ke depan dan menjawab pertanyaan yang sama memuji mengatakan kepala, adalah penguasa tubuh, dan otak. Orang mengatakan ini: Fulan dipimpin oleh orang-orangnya, Asadeh apapun. Dan kepala pemimpin bangsa. Cape dibuat, daging terbaik, daging. Tapi apa Astmraoh bodoh untuk kurangnya pengetahuan tentang hal itu. Jawab penanya dan untuk Allah dalam urusan ciptaan-Nya.

 
Pelatihan 3

 
TV

      
TV inovasi ilmu pengetahuan modern, ia adalah menjaga orang-orang di rumah mereka karena banyak manfaat. Mendengar artikel budaya dan agama melampaui batas, dan lagu-lagu yang berpengaruh, dan menonton drama, humoris, dan drama menyakitkan, parade militer dan dilakukan pada drum, dan irama musik. Pada shalat Jumat atau Idul Fitri, atau sebuah doa untuk hujan, kami menaikkan panggilan muadzin untuk berdoa, berkhotbah, dan imam, dan memimpin jemaat dalam doa.

 
Pelatihan 4
Sekolah perjalanan

        
Menyatakan bertanggung jawab atas perjalanan di sekolah, sekolah tanggal perjalanan ke peternakan terdekat. Dan diangkat untuk setiap kelompok peserta saat mereka melakukan pekerjaan: Harganya lidah dan Mansa membawa persediaan, peralatan, dan Muhammad adalah tinggi dan pengolahan makanan, dan lembut, dan Magda mendirikan tenda, meletakkan karpet. Kemudian memilih taman kanak-kanak yang indah, menghabiskan siang hari Mmtaan mata mereka untuk melihat pemandangan yang indah, dan air, tidak dalam perjalanan ini, apa yang menyakiti atau melukai.
Pelatihan dari 5

 
Haji

       
Haji adalah konferensi besar, oleh Allah bagi umat Islam. Ini adalah target utama Namlha, yang merupakan pertemuan antara wajah para peziarah dan ilmu pengetahuan dan pemikiran, berbuah Oana haji. Sekarang ini tanggung jawab kita untuk bekerja sama untuk mencapai pertemuan antara ilmuwan dan intelektual dari seluruh negeri. Kemudian ziarah untuk memenuhi indah, dan memimpin peserta konferensi dan tugas mereka secara penuh.

 
Pelatihan 6
Aturan

        
Banyak dari kata-katanya banyak yang salah, dan salah satu kerendahan kurang banyak, dan pilihan yang baik, berasal Prinsipnya, dan mengambil sebuah buku yang kita baca, dan tidak membaca itu pergi Zmah. Waspadalah terhadap hal-hal beracun dalam permintaan, pria Vtqzvk balik bangun. Tidak semua siswa, tidak AUB semua absen.

 
7 th
Dari pidato Petra

        
Dan kemudian: ketidaktahuan bodoh, buta sesat, dan membatalkan keluarganya unperformed ke api, apa Svhaakm, dan ini melibatkan Helmaakm, hal-hal yang tumbuh di kecil, tidak menghindarinya besar, jika Anda tidak Tqrúa kitab Allah, dan tidak mendengar apa yang disiapkan dari Quran hadiah kepada orang-orang mematuhinya, dan siksaan yang menyakitkan bagi orang-orang dosa. Anda membawa kekerabatan, agama Badtm, setiap orang dari Anda membela orang bodoh, membuat tidak takut konsekuensi, dan permintaan janji. Apa yang Anda Balhalme, dan Anda mengikuti bodoh.

 
Pelatihan 8

 
Sopan Mahasiswa

        
Ahmed mahasiswa sopan memimpin doa dengan kelompok. Dan pergi ke sekolah dini untuk berpartisipasi dalam kegiatan pagi hari, budaya, olahraga, dan Ahmed juga melemparkan ucapan Islam pada kedua offset. Jika penelitian dimulai, telinga penuh perhatian, dan sama tindak lanjut dari semua yang berasal dari guru dan rekan dari diskusi dan pertanyaan dan mengambil inisiatif untuk berpartisipasi.Jika tahun ajaran berakhir, hasilnya baik bagi orangtua dan guru.

 
Kereta 9
Pertama Pangeran Islam

        
Ditugaskan kepada Nabi, doa-doa Allah besertanya delapan dari teman-temannya untuk melakukan aksi militer pertama dalam Islam, termasuk Abdullah bin kuda, dan Saad bin Abi Waqqas, dan berkata: Oamrn Anda Osberkm kelaparan, kehausan, dan kemudian menahan untuk banner nya Abdullah bin kuda, adalah Pangeran pertama adalah pada kisaran Muslim.