Unit Sebelas


الوحدة الحادية عشرة
علامات الترقيم

تعريفها :
      الترقيم : وضع رموز مخصصة أثناء الكتابة ، بغرض تعيين مواضع الفصل والوقف والابتداء ، وأنواع النبرات الصوتية ، والأغراض الكلامية أثناء القراءة .

أنواعها :

1 ـ الفاصلة ( الشولة ) وعلامتها " ، " :
     تكون في الوقف الناقص : وهو الوقف الذي يكون بسكوت المتكلم ، أو القارئ سكوتًا قليلاً جدًا ، لا يحسن معه التنفس .

موضعها :
أ ـ بين الجمل المتصلة المعنى :
مثل : أوحد العراق في البلاغة ، ومن به تثنى الخناصر في الكتابة ، وتتفق الشهادات له ببلوغ الغاية ، من البراعة والصناعة {1} .
ب ـ بين المفردات المعطوفة إذا قصرت عباراتها ، وأفادت تقسيما أو تنويعا .
ــــــــــــــــــــ
1 ــ من كتاب يتيمة الدهر للثعالبي ( بتصرف ) .

مثل : ينقسم الكلام إلى أقسام ثلاثة : اسم ، وفعل ، وحرف .
وكقوله تعالى : { حرمت عليكم أمهاتكم ، وبناتكم ، وأخواتكم } 23 النساء .
ج ـ بين الجمل المعطوفة القصيرة ، ولو كان كل منها لغرض خاص .
مثل : المعروف قروض ، والأيام دول .
      الشمس طالعة ، والنسيم عليل ، والطيور مغردة ، والأزهار  ضاحكة .
      الجو شديد الحرارة ، والرياح سموم ، والرؤية منعدمة .
د ـ بين جملة الشرط وجوابها ، أو القسم وجوابه .
مثل : إذا حضر الماء ، بطل التيمم .
      لئن أنكر المرء من غيره ما لا ينكر من نفسه ، لهو أحمق .
ه ـ بين جملتين مرتبطتين في اللفظ والمعنى ، كأن تكون الثانية صفة ، أو حالاً ، أو ظرفًا للأولى ، وكان في الأولى بعض الطول .
مثل : رأيت شابا ممسكا بيد رجل ، يخيل لي أنه عاجز .
      التقيت بصديقي محمد ، وهو يبتسم .
      ذهبت إلى مكة لأداء العمرة ، يوم الجمعة الماضية .

2 ـ الفاصلة المنقوطة : وعلامتها " ؛ " :

     تكون في الوقف الكافي ، وهو الوقف الذي يكون بسكوت المتكلم ، أو القارئ سكوتا يجوز معه التنفس .

موضعها :
ا ـ بين جملتين إحداهما سبب في حدوث الأخرى .
مثل : خير الكلام ما قل ودل ؛ ولم يَطُل فيُمل .
ومنه قول على بن أبى طالب : " أما الإمرة البرّة فيعمل فيها التقي ؛ وأما الإمرة الفاجرة فيتمتع فيها الشقي ؛ إلى أن تنقطع مدته " .
ب ـ قبل المفردات المعطوفة التي بينها مقارنة ، أو مشابهة ، أو تقسيم ، أو ترتيب ، أو تفصيل .
مثل : اغنم خمسًا قبل خمس : شبابك قبل هرمك ؛ وصحتك قبل سقمك ؛ وفراغك قبل شغلك ؛ وغناك قبل فقرك ؛ وحياتك قبل موتك .
ج ـ قبل الجملة الموضحة لما قبلها .
كقوله تعالى : { ولكن أكثر الناس لا يعلمون ؛ يعلمون ظاهرًا من الحياة الدنيا } 6، 7 الروم .

3 ـ النقطة : وعلامتها ( . ) :
      تكون في الوقف التام ، وهو سكوت المتكلم ، أو القارئ سكوتًا   تامًا ، مع استراحة للتنفس .

موضعها :
     توضع في نهاية الكلام ، للدلالة على تمام المعنى ، واستقلال ما بعدها عما قبلها معنى وإعرابًا .
كقول عليّ بن أبي طالب في الزكاة : " فمن أعطاها طيب النفس بها ، فإنها تجعل له كفارة ومن النار حاجزًا ووقاية ، فلا يتبعها أحد نفسه ، ولا يكثرن عليها لهفه " .

4 ـ علامة التعجب : ورمزها ( ! ) :

موضعها : ـ

      توضع في آخر الكلام الذي يدل على معنى التأثر والدهشة ، والاستغراب والإغراء ، والتحذير والتأسف والدعاء .
مثل : لله أنتم ! أما دين يجمعكم ! ولا حمية تشحذكم ! .
ومنه قول الشاعر :
     هي الدنيا تقول بملء فيها     حذار حذار من بطشي وفتكي !
ومثل : " هيهات أن يأت الزمان بمثله ! "

5 ـ النقطتان : رمزها " : "


موضعها : ـ

       توضع بعد القول ، أو الكلام المنقول ، أو المقسم أو المجمل بعد تفصيل ، أو المفصل بعد إجمال .
كقوله تعالى : { قال : إني عبد الله } 30 مريم .
ومثل : رُوي عن الرسول صلى الله عليه وسلم أنه قال : " لا يدخل الجنة من في قلبه مثقال ذرة من كبر " رواه مسلم .
ومثل : الدنيا يومان : يوم لك ويوم عليك .
ومثل : العقل ، والصحة ، والمال ، والبنون : تلك هي النعم التي لا يُحصى شكرها.

6 ـ علامة الاستفهام : ورمزها " ؟ "

تكون للدلالة على الجمل الاستفهامية .

موضعها : ـ

     توضع في نهاية الجملة ، سواء أكانت مبدوءة بحرف استفهام أم لا .
كقوله تعالى : { قل هل ننبئكم بالأخسرين أعمالا ؟ } 103 الكهف .
وقوله تعالى : { أئنك لأنت يوسف ؟ } 90 يوسف .

7 ـ علامتا التنصيص : ورمزهما  "  "  :
       تعرف علامتا التنصيص بالتضبيب أيضا ، وهما ضبتان يوضع بينهما ما ينقل بنصه من الكلام .
مثل : أوصى عمر بن الخطاب رضي الله عنه لأبى موسى الأشعري بوصية جاء فيها " البينة على من ادعى واليمين على من أنكر " .

8 ـ نقط الحذف : رمزها ( ... ) :

موضعها : ـ

    توضع هذه النقط الثلاث للدلالة على أن في موضعها كلامًا محذوفًا .
وذلك كأن يستشهد كاتب بعبارة ما ، وأراد أن يحذف منها بعض الكلمات ، أو الجمل التي لا حاجة له بها .
مثل : لو اقتصر الناس على كتب القدماء لضاع علم كثير ، ولذهب أدب  غزير ، ولضلت أفهام ثاقبة ... ولمجت الأسماع كل مردد مكرر .

9 ـ الشرطة : ورمزها  ـ :

موضعها : ـ
     توضع للفصل بين كلام المتخاطبين في حالة المحاورة ، وتوضع بعد العدد في أول السطر .
مثل : طلب بعض الملوك كاتبًا لخدمته . فقال للملك : أصحبك على ثلاث خصال .
ـ ما هي ؟
ـ لا تهتك لي سترًا ، ولا تشتم لي عرضًا ، ولا تقبل فيَّ قول قائل .
ـ هذه لك عندي . فما لي عندك ؟
ـ لا أفشي لك سرًا ، ولا أؤخر عنك نصيحة ، لا أؤثر عليك أحدًا .
ـ نعم الصاحب المستصحب ، أنت ! .

10 ـ الشرطتان : ورمزهما  ـ    ـ  :
       توضع بينهما الجمل الاعتراضية ، فيتصل ما قبل الشرطة الأولى بما بعد الشرطة الثانية في المعنى .
كقول الإمام عليّ ـ رضي الله عنه ـ : " فيا عجبًا : عجبًا ـ والله ـ يميت القلب " . 
وكقول أبي إسحاق الصابي : " قد جرت العادة ـ أطال الله بقاء الأمير ـ بالتمهيد للحاجة قبل موردها وإسلاف الظنون الداعية إلى نجاحها " .

11 ـ القوسان : ورمزهما (   ) :
       توضع بينهما كل كلمة تفسيرية ، أو كل جملة معترضة لا ترتبط مع غيرها في سياق المعنى ، أو كل عبارة يراد لفت النظر إليها .
مثل : قال رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) : " المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضا " .
ومثل : جُدَّة ( بضم الجيم وكسرها ) مدينة على ساحل البحر الأحمر .
ومثل : بين جور وشيراز ( وهي قصبة فارس ) عشرون فرسخًا .

Unit XI
Tanda baca


Ditetapkan:

      
ISIN: Mengembangkan ikon kustom saat Anda mengetik, untuk mengatur posisi pemisahan dan penghentian dan inisiasi, dan jenis nada audio, dan tujuan kata-kata selama membaca.


Jenis:


Sebuah koma (koma) dan merek ",":

     
Jadilah kekurangan suspensi: suspensi yang tenang pembicara, atau pembaca Scotta sangat sedikit, tidak meningkatkan napasnya.


Tempat:
Arti terkait antara kalimat:
Seperti: Oouhd Irak dalam retorika, dan mengecilkan jari ke-lingking secara tertulis, dan kesaksian-Nya setuju mencapai akhir, kecerdikan dan industri dari {1}.
B. Jika Almatovh kosakata singkat ekspresi, dan melaporkan kerusakan atau diversifikasi.

1 dari buku ke Taalbe usia yatim (Diadaptasi).


Seperti: pidato dibagi menjadi tiga kategori: nama, dan dilakukan, dan karakter.
Dan ia mengatakan: Terlarang bagi Anda ibu Anda dan putri Anda, dan saudara 23 perempuan!.
C Almatovh antara kalimat-kalimat pendek, bahkan jika masing-masing dari mereka untuk tujuan tertentu.
Seperti: pinjaman, dikenal, dan Amerika hari.

      
Horoskop matahari, angin dan angin, penyanyi dan burung, dan bunga dengan tertawa.

      
Cuaca sangat panas, dan racun angin, visibilitas tidak ada.
D antara kondisi dan jawabannya, atau departemen dan jawabannya.
Seperti: Jika air hadir, pahlawan Tayammum.

      
Sementara satu membantah apa yang lain tidak menyangkal dirinya, adalah bodoh.
E antara dua kalimat terkait dalam lafal dan makna, seolah-olah resep kedua, atau off, atau keadaan yang pertama, dan adalah yang pertama di panjang.
Seperti: saya melihat seorang pria muda memegang tangan, tampaknya bagi saya bahwa ia tidak mampu untuk.

      
Saya bertemu teman saya Muhammad, sambil tersenyum.

      
Aku pergi ke Mekah untuk melakukan umrah, Jumat lalu.


2 titik koma: Merek ";"



     
Cukup dalam suspensi, suspensi yang tenang pembicara, atau pembaca dapat Scotta napasnya.


Tempat:
Antara dua kalimat, satu di suatu alasan lain.
Seperti: singkatnya baik masuk akal, tidak menghadap Viml.
Dan dari kata-kata Ali bin Abi Thalib: "Para Barh ditaati sehingga bertindak di mana ia bertemu; Para promiscuous ditaati menikmati celaka; durasi akan terganggu."
B sebelum Almatovh kosakata, perbandingan itu, atau serupa, atau split, atau perintah, atau detail.
Seperti: Agnm lima sebelum lima: masa mudamu sebelum usia tua, dan kesehatan sebelum sakit, dan waktu luang sebelum pekerjaan Anda, dan berkat sebelum kemiskinan Anda, dan kehidupan Anda sebelum kematian Anda.
C sebelum kalimat seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Artinya: "tetapi kebanyakan orang tidak tahu; tahu jelas dari kehidupan dunia 6,7 ​​rum!.


3 poin: merek (.)

      
Jadilah dalam penghentian lengkap, Scott, seorang pembicara, atau pembaca Scotta sepenuhnya, dengan istirahat untuk bernapas.


Tempat:

     
Ditempatkan di akhir kata-kata untuk menandakan arti sepenuhnya, dan kemerdekaan dari apa yang kemudian dari sebelumnya makna dan ekspresi.
Seperti ketika Ali bin Abi Thalib, zakat: "Ini memberi mereka suatu jiwa yang baik, itu membuatnya kafarat dan pencegahan penghalang dan api, diikuti dengan tidak satu dirinya sendiri, dan tidak Akthern mereka untuk sabar."


4 tanda seru: simbol (!)


Tempat:
      
Ditempatkan dalam pidato terakhir, yang menunjukkan arti dari kerentanan dan kejutan, dan kejutan dan godaan, dan peringatan dan meratap dan berdoa.
Seperti: Anda adalah Tuhan! Agama Ijmekm! Para Chhzkm Diet! .
Dan dari kata-kata penyair:

     
Apakah mengisi dunia mengatakan berhati-hatilah dan waspadalah terhadap Vtki Bthi!
Seperti: "Kami tidak akan pernah menghasilkan satu dekade lagi untuk datang!"


5 poin: simbol ":"

Tempat:
       
Ditempatkan setelah kata atau dari mulut ke mulut, atau dibagi, atau setelah kehancuran total, atau setelah garis rinci.
Artinya: {Dia berkata: Aku Abdullah 30} Maria.
Seperti: Roy perdamaian Nabi saw berkata: "Tidak ada yang akan masuk surga dalam hatinya berat atom, arogansi," diriwayatkan oleh Muslim.
Dan seperti: minimal dua hari: pada Anda dan pada Anda.
Seperti pikiran, kesehatan, uang, dan anak laki-laki: mereka adalah berkat yang tak terhitung jumlahnya bahwa rasa syukur.


6 tanda tanya: "?" SimbolJadilah untuk menunjukkan interrogans kalimat.


Tempat:
     
Ditempatkan di akhir kalimat, apakah surat itu Unstarted pertanyaan atau tidak.
Artinya: Katakanlah Anda Nnbikm bekerja Balokhosran? 103} gua.
Dan ia mengatakan: oink kepada Anda Yusuf? 90} Yusuf.


7 Quotation Kutipan: The Rmzhma "":

       
Kutipan Kutipan Baltillab tahu juga, Illtan dua ditempatkan di antara mereka dengan menyatakan apa yang ditransfer dari pidato tersebut.
Seperti: direkomendasikan Omar Bin Al Khattab ra dengan dia kepada Abu al-Asy'ari perintah Musa menyatakan "bukti mengklaim hak membantah."


8 poin penghapusan: simbol (...):


Tempat:
    
Ini tiga poin ditempatkan untuk menunjukkan bahwa kata-kata dihilangkan di tempat.
Itu penulis mengutip kata-kata apa, dan ingin menghapus beberapa kata-kata, atau frase yang tidak perlu dia dengan itu.
Seperti: jika orang hanya pada buku-buku pengetahuan kuno hilang literatur produktif banyak, tapi emas, namun kehilangan wawasan dimengerti ke ... Mojt telinga dan semua Mrdd duplikat.


9 Polisi: (kode):


Tempat:

     
Ditempatkan untuk memisahkan kata-kata lawan bicara dalam kasus Wawancara, dan ditempatkan setelah nomor di baris pertama.
Seperti mencari seorang penulis untuk beberapa layanan raja. Dia berkata kepada, raja Osahpk tiga kualitas.
Apa itu?
Laserasi Aku tidak menyembunyikan, atau mengutuk saya menawarkan, dan tidak menerima kata-kata dari orang yang mengatakan.
Aku punya untuk Anda. Apa yang saya miliki?
Tidak mengungkapkan rahasia Anda, jangan tunda mematuhi nasihat Anda, Anda lebih suka untuk tidak siapa pun.
Almstsahb Sidekick Ya, Anda! .


Acharttan 10: Rmzhma:

       
Pencegat ditempatkan di antara dua kalimat, apa yang terkait dengan polisi setelah polisi, termasuk yang pertama dalam arti kedua.
Seperti saat Imam Ali ra dengan dia: "Betapa aneh: Ini adalah jantung aneh dan membatasi Allah."
Dan seperti ketika Abu Ishaq Alsaba: ". Secara tradisional, semoga Allah memperpanjang kelangsungan hidup Pangeran sepatu untuk kebutuhan pemasok dan leluhur sebelum menelepon kecurigaan untuk keberhasilan mereka"


Persegi 11: Rmzhma ():

       
Ditempatkan di antara setiap kata jelas, atau semua dari tanda kurung yang tidak terkait dengan orang lain dalam konteks makna, atau semua kata-kata yang dimaksudkan untuk menarik perhatian untuk itu.
Seperti: Rasulullah (saw): "Para orang percaya seperti struktur tunggal menarik bersama-sama."
Seperti: Jeddah (untuk memasukkan olahraga, dan melanggar) kota di pantai Laut Merah.
Dan seperti antara Gore dan Shiraz (Knight Reed) dua puluh Herskha.