Unit Lima


الوحدة الخامسة
الجزء الأول

أولا ـ الهمزة المتوسطة على الياء : ـ  

الأمــثلة

1 ـ ترعى المدارس الأطفال الناشئين رعاية كبيرة .
    كافأ الخليفة الشاعر بعدة مئين ذهبًا .
    جلس الضيوف متكئين على الأرائك .

2 ـ نُئي باللص عن أنظار المشاهدين .
    ثم سُئِل عما اقترفت يداه .
    لقد رُئِي عند محاكمته .

3 ـ يئن المريض من الألم .
  عالج الأطباء المريض حتى يئس من الشفاء .
  سَئِم المريض حياته ، لكن إيمانه بالله جعل في نفسه بصيصًا من أمل .

4 ـ قال تعالى : { سأل سائل بعذاب واقع } 1 المعارج .
    فاز تلاميذ الصف الخامس بأفضل صحيفة حائط .
  تستخدم الإشارات الضوئية في تسهيل حركة المرور .

5 ـ قال تعالى :{ كم من فئة قليلة غلبت فئة كثيرة بإذن الله }249 البقرة.
    ظمئت الأرض لقلة المطر .
    من وظيفة الرئة تنقية الدم من الشوائب .

6 ـ جاء المهنئون يزفون إلى أخي بشرى التفوق .
    بعض الناس يستمرئون الكسل ويهملون أعمالهم .
قال تعالى : { وحاق بهم ما كانوا به يستهزئون } 8 هود .

7 ـ بئس الخلق الكذب .
    جئت أزف إليك بشرى النجاح .
    نضبت مياه البئر .

القاعــــدة
       تكتب الهمزة على نبرة في وسط الكلمة ؛ إذا كانت مكسورة أو قبلها حرف مكسور ، وذلك على النحو التالي :
1 ـ إذا كانت الهمزة مكسورة وسبقها حرف مكسور .
مثل : الناشئين ، مِئِين ، متكئين ، مالئين .
2 ـ إذا كانت مكسورة وسبقها حرف مضموم .
مثل : نُئي ، سُئل ، رُئي ، وُئد .
3 ـ إذا كانت مكسورة وسبقها حرف مفتوح .
مثل : يئن ، يئس ، سئم ، زئير ، لئيم .
4 ـ إذا كانت مكسورة وسبقها حرف ساكن .
مثل : سائل ، حائط ، ضوئية ، مرئية .
5 ـ إذا كانت مفتوحة وسبقها حرف مكسور .
مثل : فئة ، ظمئت ، رئة ، مئة .
6 ـ إذا كانت مضمومة وسبقها حرف مكسور .
مثل : مهنئون ، يستمرئون ، يستهزئون .
7 ـ إذا كانت ساكنة وسبقها حرف مكسور .
مثل : بئس ، جئت ، بئر ، ذئب ، شئت ، ائتمن .

تنبيه : تكتب الهمزة المتوسطة على نبرة استثناء من الحالات السابقة العامة في الآتي :
1 ـ إذا كانت الهمزة مفتوحة وسبقها ياء ساكنة .
مثل : مليئة ، رديئة ، بيئة ، خطيئة ، دفيئة ، ييئس ،
      هيئة ، دريئة ، جريئة ، بريئة ، وضيئة . 
2 ـ إذا كانت الهمزة مضمومة وسبقها ياء ساكنة .
مثل : فيئها ، رديئها ، مجيئكم هنيئكم ، مريئها .
3 ـ إذا كانت الهمزة مكسورة وسبقها ياء ساكنة .
مثل : يمر الطعام في مريئه .
      يعرف الحسن من رديئه .
      نسعد بمجيئكم .
4 ـ إذا كانت الهمزة متطرفة في كلمة منونة بتنوين الفتح " النصب " ، والحرف الذي قبلها من الحروف التي يمكن وصلها بألف التنوين ، تكتب على نبرة .
مثل : دفء : دفئا ، عبء : عبئا ، شيء : شيئا ، بطء : بطئا ، ملء : ملئا ، فيء : فيئا ، نشء : نشئا .
5 ـ ذكرنا أن الهمزة المتوسطة تكتب على نبرة مهما كانت حركتها إذا سبقها ياء ساكنة .
مثل : كان فيئها كثيرا . إن فيئها كثير . جلست في فيئها .

تدريبات
تدريب 1
   
التدخين
      ترجع الزيادة في نسبة الوفيات بين مدخني السجائر ؛ إلى زيادة نسبة الإصابة ببعض الأمراض ومن أهمها : السرطان الرئوي ، والقصبات الهوائية ، وأمراض القلب ، والجهاز الوعائي .
     والإصابة بسرطان القصبة الهوائية ، تحدث نتيجة لتعرض غشائها بصورة مستمرة ، للدخان المحتوي على المواد المسببة للإصابة بالسرطان ، والمشجعة عليها .

تدريب 2

عطف الأب
     الأب رئيس الأسرة ، يحبه أولاده ، لأنه ينشئهم على الخير ، ليعيشوا في وفاق ووئام . والأب لا يطمئن له قلب إن شاهد أحدهم يئن من مرض ، بل يسعى لإزالته واستئصاله ، إن سئل عنهم ذكرهم بخير ، وإن رأى فيهم عيبًا بادر بإصلاحه، وزودهم بقيم نصائحه ، يكافئهم على حسن الخلق ، ويساعدهم عند الشدائد .

تدريب 3

تربية الحيوان
      يربى الناس الحيوان ؛ لفوائده الجمة ، ومنافعه الكثيرة . فتراهم يعتنون به في حظائر نظيفة جافة دافئة ، متجددة الهواء ، ويقدمون له الغذاء الكافي من المواد الجافة والخضراء ، ويسقونه الماء متى ظمئ ، ويهتمون بنظافته ، ونظافة أواني أكله ، وشربه ، كما يهتمون بنظافة أواني الحلب ، وأجهزته قبل تهيئتها للاستعمال .

تدريب 4

محطات التحلية
        لم تعد مياه الآبار ، والأمطار تكفي حاجة البلاد من المياه ، فاتجهت الدولة إلى الوسائل المناسبة ؛ للاستفادة من مياه البحر عن طريق إعذابها . وقد أنشأت الدولة ما يقرب من إحدى وعشرين محطة لتحلية المياه ، عن طريق تقطيرها بغلي الماء المالح وتحويله إلى بخار ، ثم تحويله إلى ماء عذب ، مع إضافة بعض الغازات القاتلة للجراثيم ، فيصبح الماء خاليا من الشوائب ، صالحًا للاستخدام في سائر حياتنا اليومية .

تدريب 5

الصديق المجتهد
       كان لي صديق مجتهد دائب العمل ، لا يعرف الملل أو الكلل ، إذا سئم من القراءة جدد نشاطه بالكتابة ، فإذا تعب منها تجده ممسكا أدواته الهندسية ليرسم دائرة أو مثلثا ، أو يحل واجباته : كالمسائل الحسابية ، أو يتدرب على القطع الإملائية . جئته يومًا أستشيره في أمر من أموري ، فكان له في ذلك رأي صائب ، ووجهة نظر مليئة بالحكمة والسداد . فأنعم بمن استشرت ، وأكرم بمن ائتمنت .

تدريب 6

الواحة
          الواحة أرض خضراء وسط رمال الصحراء ، تسقى من عيون الماء ، والينابيع . مليئة بالنخل ، دافئة المناخ ، تتشابك أشجارها في هيئة بديعة ، لا يمل الجالس فيئها . فهواؤها عليل ، وماؤها عذب ، وأرضها خضراء ، وفيئها بارد منعش ، وطريقها طويل صعب ، تحتاج من الزائر لها جهدا كبيرًا ؛ لقطع مسافات طويلة عبر الصحراء .

تدريب 7 

من آداب الزيارة
      لا يقف الزائر عند الاستئذان تجاه الباب ، فإن هذا يكشف عورة البيت عند فتحه ، بل يقف منحرفا إلى جانب منه ، فإذا فتح الباب قليلا لا يرى شيئا في داخله ، وإذا كان بعض الناس يتخذ الستائر خلف الأبواب ، فإن كثيرا منهم لا يصنع ذلك ، ولا يدري الزائر ما خلف الباب ، أتوجد ستائر أم لا ؟
تدريب 8

مكر اليهود
          لبث اليهود على مكرهم حتى جاء الإسلام ، وبعث محمد ـ صلى الله عليه وسلم ـ وهم يعرفونه كما يعرفون أبناءهم ، فكذبوه وآذوه واستهزؤوا به ، وهموا بقتله ، وألبوا عليه المشركين ، وقبائل العرب ، ودسوا له الدسائس ، وظهر منهم النفاق ؛ فكثر منهم من أشاع الإسلام ، وأبطن اليهودية والكفر ، وأشاعوا النفاق بين الناس ، وأثاروا الفرقة بين المسلمين ، وكادوا للإسلام والمسلمين المكائد التي لا تحصى حتى اليوم ، والتاريخ شاهد على ذلك .

الجزء الثاني

أولا ـ الهمزة المتوسطة على الألف :

الأمــثلة

1 ـ رأى سعيد طائرًا يطعم صغاره .
    رأَس المدير اجتماع مجلس الآباء .
    يتألم المريض من شدة الألم .
2 ـ التقيت فجأة بصديق عزيز على نفسي .
    كانت تلك مسألة هامة .
قال تعالى : { ولا يسأل حميم حميمًا } 10 المعارج .
3 ـ هذا رأي الحاذق الأرب .
    ما كان لك في هذا الأمر مأرب .
    قال تعالى : { من كأس كان مزاجها كافورًا } 5 الإنسان .

القاعــدة

      تكتب الهمزة المتوسطة على الألف في الحالات التالية :
1 ـ إذا كانت الهمزة مفتوحة وسبقها حرف مفتوح .
مثل : رأى ، رأَس ، يتألم ، سأل ، متأمل ، تأسف ،
      رأف ، رأب ، نأى ، يتأخر ، اشمأز ، متألق .
2 ـ إذا كانت الهمزة مفتوحة وسبقها حرف ساكن .
مثل : فجأة ، مسألة ، يسأل ، مرأة ، وطأة ، ملأى ، يجأر . 
3 ـ إذا كانت الهمزة ساكنة وسبقها حرف مفتوح .
مثل : رأى ، مأرب ، رأْس ، كأس ، فأس ، يزأر .
يأخذ ، بأس ، يأتي ، رأب ، دأب ، سأم .

تنبيه :
1 ـ إذا تلا الهمزة المتوسطة المرسومة على الألف ، ألف مد ، طرحت الألف وعوض عنها بمدة ، تكتب فوق ألف الهمزة .
مثل : السآمة ـ الشآم .
وكذلك أذا تلاها ألف تثنية .
مثل : قرآن ، ملآن ، يقرآن ، يملآن .
2 ـ تكتب الهمزة المتوسطة المفتوحة على نبرة إذا سبقها ياء  ساكنة .
مثل : هيئة ، رديئة ، مليئة ، مسيئة .

قاعدة عامة لكتابة الهمزة المتوسطة
       عند كتابة الهمزة المتوسطة ، ننظر إلى حركتها وحركة الحرف الذي سبقها ونكتبها على ما يناسب أقوى الحركتين .
أقوى الحركات :
1 ـ الكسرة ويناسبها الياء .
2 ـ الضمة ويناسبها الواو .
3 ـ الفتحة ويناسبها الألف .
4 ـ السكون أضعف الحركات .
5 ـ وهناك بعض الكلمات التي شذت عن القاعدة ، سنشير إليها في مواضعها .

تدريبات
تدريب 1

الوفاء بالعهد
         الإسلام يعظم شأن العهود ، ويأمر بالوفاء بها ، ويبغض الغادرين الذين ينقضون العهد . قال رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ " آية المنافق ثلاث : إذا حدث كذب ، وإذا أوعد أخلف وإذا اؤتمن خان " . وفي رواية " إذا عاهد غدر ، وإذا خاصم فجر " .

تدريب 2
الرأفة بالحيوان
       رأى علي في يوم قائض ، وهو راجع من حقله ، ويحمل فأسه على كتفه ، كلبًا يلهث من شدة العطش ، ويتألم من قسوة الجوع فرأف   به ، وسأل نفسه : ماذا سأفعل مع هذا المسكين ؟ وأنا لا أحمل ماء ولا زادا ، وليس لي ملجأ إلاّ الانتظار ، لعل الله يأتي بالفرج .
   وما هي إلاّ لحظات حتى مرّ رجل يحمل قربة ماء على ظهر حماره ، فاستأذنته أن يسكب قليلاً من الماء في خف لي ، فسكب وسقيت الكلب ، فردت له روحه .

تدريب 3
حاتم الطائي
      اشتهر العرب بالجود والكرم ، حتى تأصل في نفوسهم ، وامتلأت به قلوبهم ، ومن أشهرهم حاتم الطائي ، قابله مرة جماعة في الطريق ، فسألهم عن حالهم ، فقالوا : هل من طعام ؟ فأجابهم : أتسألون عن الطعام وإبلي أمامكم ؟ ثم قام ونحر لهم ثلاثة من الإبل ، لكل واحد منهم جمل ، فقالوا فيه أشعارا سجلوا فيها فضله ، وانصرفوا لشأنهم .

تدريب 4

عمر بن الخطاب
      نشأ رضي الله عنه ، نشأة أشراف قريش . رعى الماشية صغيرا ، ثم تعلم الكتابة ، ومارس شؤون الحرب والتجارة ، حتى عظم شأنه ، ولجّ في مناوأة الإسلام ، إلى أن رُئِي يدخل على زوج أخته فيؤذيه على إسلامه . فقدمت إليه أخته صحيفة تقرئه فيها آيات من سورة طه ، فلم يكد يقرؤها حتى آمن . ولي الخلافة بعد أبي بكر ، فكان مضرب المثل في العدل والورع ، وسداد الرأي .

تدريب 5
ما خاب من استشار
        قيل لرجل من بني عبس : ما أكثر صوابكم في مباشرة ما تأتون ، ومجانبة ما تعرضون عنه ، قال : نحن ألف رجل ، وفينا رجل واحد حازم ذو رأي ومعرفة ، فنحن نشاوره في الجليل والحقير ، ونعمل برأيه ومشورته ، فكأنما إذا عملنا برأيه ، قد عملنا برأي ألف رجل حازم ، وجدير بألف حازم أن يصيبوا .

تدريب6
احترام المعلم
         كان التلميذ في الماضي يعرف حق معلمه ، يقف إذا مر به ، ويبدأ بتحيته ، ويحمل كتبه ، ولا يجلس حتى يجلس . كان الكسائي معلما للأمين والمأمون . وعلم الرشيد بما صنعاه معه ، فطلب الكسائي ، فلما حضر سأله : من أعز الناس ؟ فقال لا أعلم أعز من أمير المؤمنين .
      فقال الرشيد : إن أعز الناس من يتسابق على حمل نعليه وليا عهد المسلمين . فأخذ الكسائي يعتذر خشية أن يكون قد أخطأ .

ثانيا ـ كتابة الهمزة المتوسطة مفردة على السطر :

الأمــثلة

1 ـ يتضاءل ، تفاءل ، يتثاءب ، تتشاءم ، كفاءة ، جاءك ، كفاءتك ، تراءى ، يتلاءم ، مساءلة ، قراءة ، ساءك ، واءم ، ملاءة ، رداءة ، مواءمة .
2 ـ توءم ، مروءة ، سوءته ، نبوءة ، السموءل ، توءد ، مقروءة .
3 ـ بوَّءنا ، ضوَّءها .
4 ـ ضوءُه ، نوءُها ، يسوءُه .
5 ـ متبوَّءُهم ، تضوُّءُكم .
6 ـ جزءا ـ جزءان ، قُرءا ـ قرءان ، ردءا ـ ردءان .

القاعــــدة
1 ـ إذا وقعت الهمزة المتوسطة المفتوحة بعد ألف ساكنة كتبت مفردة على السطر ؛ لكراهة توالي ألفين في الكلمة .
مثل : يتضاءل  ، تفاءل . 
2 ـ تكتب مفردة على السطر إذا جاءت مفتوحة وسبقها واو ساكنة.
مثل : توءم ، نبوءة .
3 ـ تكتب مفردة على السطر إذا جاءت مفتوحة بعد واو مشددة .
مثل : بوّءنا ، نوّءنا ، ضوّءه .
4 ـ تكتب مفردة على السطر إذا وقعت مضمومة وسبقها واو ساكنة .
مثل : ضوءُها ، نوءُها .
5 ـ تكتب مفردة على السطر إذا وقعت مضمومة بعد واو مشددة .
مثل : تضوُّءكم ، تنبوُّءها ، تبوُّءكم .
6 ـ تكتب مفردة إذا كانت مفتوحة بعد حرف صحيح ساكن ، وجاء بعدها ألف تنوين النصب أو ألف المثنى ، ولا يمكن وصل ما قبل الهمزة بما  بعدها .
مثل : " جزءا ، جزءان " .
أما إذا أمكن وصل ما قبلها بما بعدها فتكتب على نبرة .
مثل : " عبئا ، عبئان ، دفئا ، دفئان " .

تدريبات
تدريب 1

جمال الطبيعة
        أشرقت شمس الخريف ، لكنها لم تبدد مُلاءة الضباب ، ولم تغير من رداءة الجو الذي لبدت الغيوم سماءه . وأن كثيرا من الناس لا زالوا يلبسون الملابس الشتوية ، ويلتفون بالعباءات الصوفية ، ويخرجون إلى الحقول المملوءة بالأقحوان والنوار ، فيشعرون بهناءة بالغة ؛ لأنهم يعيشون في أحضان الطبيعة ، وينعمون ببراءتها ، وصفاء نفوس أهلها .

تدريب 2
الصحابة
        قد يتساءل بعض الناس ، كيف تمكن أصحاب رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ وهم قلة قليلة أن تواجه أكبر دولتين هما الفرس ، والروم في عقر دارهم ، وهم أقل منهم كفاءة ، وخبرة بطبيعة البلاد ، ودونهم عددًا وعتادًا ؟ ولكن هؤلاء الناس فاتهم أن العقيدة الإسلامية السمحة ، هي التي مدت المسلمين الأوائل بالقوة والغلبة ، والرجولة الصادقة ، والاتصاف بالمروءة . فقد كانوا توءما للمروءة والمثل العليا ، ورمزًا للعدالة ، رحم الله الصحابة ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين ، وبوءهم الجنة ، فنعم الجنة متبوءهم .

Unit V
Bagian I


I. Hamza menengah Z:


ContohSponsor sekolah pengasuhan anak-anak SMP yang besar.

    
Khalifah dihargai penyair emas beberapa terionisasi.

    
Para tamu duduk berbaring di sofa.


2 Ni pencuri penglihatan pemirsa.

    
Kemudian dia ditanya apa tangannya berkomitmen.

    
Disarankan di pengadilan.


3 pasien menderita sakit.

  
Dokter mengobati pasien sampai ia menyerah penyembuhan.

  
Pasien lelah hidupnya, tetapi iman kepada Tuhan untuk membuat dirinya secercah harapan.


4 Dia mengatakan: Media ditanya sakit realitas} 1 Ma'arij.

    
Kelima siswa kelas memenangkan dinding koran terbaik.

  
Digunakan dalam sinyal lalu lintas untuk memfasilitasi lalu lintas.


5 Dia mengatakan: Berapa banyak dari sedikit mendominasi kategori banyak sapi, bersedia Allah} 249.

    
Zmit tanah kurangnya hujan.

    
Fungsi paru-paru, membersihkan darah dari kotoran.


6 datang untuk adik saya Almhenion keunggulan Azvon Bushra.

    
Beberapa Istmrion orang kemalasan dan mengabaikan pekerjaan mereka.
Dia mengatakan: menyusul mereka dan apa yang mereka diejek oleh 8} Hood.


7 makhluk jahat berbohong.

    
Aku datang untuk Anda bergegas kabar baik keberhasilan.

    
Depleted perairan sumur.


Al-Qaeda

       
Tulis Hamza di tengah nada kata, jika rusak atau sebelum karakter rusak, dan dengan cara berikut:
1 jika Hamza rusak dan didahului oleh sebuah karakter rusak.
Seperti: muda, terionisasi, bertelekan, Malin.
2 Jika karakter sudah rusak Amadmom.
Seperti Ni, ia bertanya, dirasakan, OID.
3 Jika karakter telah pecah terbuka.
Seperti mengerang, ia menyerah, lelah, gemuruh, skr.
4 Jika rusak dan didahului oleh konsonan.
Seperti: cair, dinding, cahaya, terlihat.
5 Jika karakter didahului dengan terbuka dan rusak.
Seperti: kelas, Zmit, paru-paru, seratus.
6 Jika paket sudah rusak karakter.
Seperti: Mhenion, Istmrion, dipermainkan.
7 apakah itu statis dan didahului oleh sebuah karakter rusak.
Seperti: jahat, aku datang, juga, serigala, Anda akan, yang dipercayakan.


PERHATIAN: Hamza menulis menengah pada nada kasus-kasus sebelumnya, pengecualian untuk umum sebagai berikut:
1 jika terbuka dan didahului Hamzah J. statis.
Seperti: penuh, yang miskin, lingkungan, dosa, rumah kaca, Aais,

      
Tubuh, Draih, berani, tidak bersalah, dan Daih.
2 Jika paket dan didahului oleh Hamza J. statis.
Seperti: Faiha, Rdaiha, datang Henneikm, Mraiha.
3 Jika Hamza rusak dan J didahului statis.
Seperti makanan lewat di Mraih.

      
Hassan dikenal masyarakat miskin.

      
B.ikm bahagia.
4 Jika Hamza dalam kata ekstrimis Mnonh "monumen," Ptnuin penaklukan dan karakter dari karakter sebelumnya yang dapat terhubung ke seribu atau karakter khusus, menulis ke nada.
Seperti: kehangatan: hangat, beban: beban, sesuatu: sesuatu, lambat: lambat, mengisi: diisi, fay: Faia, remaja: berasal.
5 kita sebutkan media yang menulis Hamza pada nada gerakan apapun jika didahului oleh J. statis.
Seperti: Faiha banyak. Banyak Faiha. Aku duduk di Faiha.


Pelatihan
Pelatihan 1

  
Merokok

      
Peningkatan proporsi kematian di antara perokok, untuk meningkatkan kejadian penyakit tertentu termasuk: kanker, pneumonia, bronkitis, penyakit jantung dan sistem vaskular.

     
Dan kanker tenggorokan, terjadi sebagai akibat dari kerentanan membran terus menerus, untuk asap yang mengandung zat kanker, dan mendorong mereka.


Latihan 2


Kebaikan dari ayah

     
Pastor kepala keluarga, mencintai anak-anaknya, karena Ancihm untuk berbuat baik, untuk hidup dalam harmoni dan harmoni. Sang ayah tidak menjamin hatinya yang melihat salah satu dari mereka menderita penyakit ini, melainkan berusaha untuk menghilangkan dan membasmi, jika ditanya tentang mereka mengingatkan mereka baik, tapi melihat mereka mengambil inisiatif untuk memperbaiki cacat, dan menyediakan mereka dengan nilai-nilai nasihatnya, pahala mereka untuk perilaku baik mereka, dan membantu mereka ketika kesulitan.


Pelatihan 3


Peternakan

      
Orang memelihara binatang, karena keuntungan sendiri, dan manfaat yang banyak. Fterahm perawatan di kandang yang bersih, kering, hangat, sejuk, dan menawarkan dia makanan yang memadai bahan kering dan hijau, dan air Asagouna saat Zmi, dan tertarik Bnzafth, peralatan bersih untuk makan, dan minum, dan peduli terhadap kebersihan memerah peralatan, dan perangkat keras pra-dikonfigurasi untuk digunakan.


Pelatihan 4


Desalinasi tanaman

        
Tidak ada lagi air sumur, dan curah hujan di negara ini perlu cukup air, Vatjht negara untuk cara yang tepat, untuk mengambil keuntungan dari air laut melalui Aamabha. Negara telah membentuk hampir dua puluh satu pabrik desalinasi, air distilasi asin mendidih dan mengubahnya menjadi uap, dan kemudian ditransfer ke air tawar, dengan penambahan beberapa gas mematikan terhadap bakteri, sehingga air bebas dari kotoran, cocok untuk digunakan dalam sisa hidup kita sehari-hari.


Pelatihan dari 5


Rajin teman

       
Aku punya teman Mojtahd kerja ulet, tidak tahu kebosanan atau kelelahan, jika Anda lelah membaca tulisan baru, dan jika Anda menemukan lelah memegang alat-alat teknik untuk menggambar lingkaran atau segitiga, atau memecahkan tugas nya: seperti untuk penagihan, atau pelatihan pada ejaan pemotongan. Jith Ostchireh hari di komando Amory, memiliki pandangan yang tepat dan sudut pandang, penuh hikmat dan pembayaran. Vonam yang saya berkonsultasi, dan Akram yang dipercayakan.


Pelatihan 6


Wahah

          
Tanah oasis hijau di tengah gurun pasir, disiram dengan air, dan mata air.Penuh pengayakan, iklim yang hangat, terjalin dalam bentuk pohon yang indah, tidak bosan duduk Faiha. Vhoaaha sakit, disiksa dan dibuang, dan lahan hijau, Faiha dingin menyegarkan, dan cara panjang dan sulit, Anda memerlukan pengunjung dengan usaha besar, untuk perjalanan jauh melalui padang pasir.


7 th


Etiket kunjungan

      
Tidak berhenti pengunjung saat otorisasi menuju pintu, ini mengungkapkan rumah kasar ketika Anda membuka, tapi berdiri sedikit ke sisi itu, jika pintu dibuka sedikit tidak melihat apa-apa di dalamnya, dan jika beberapa orang mengambil tirai di balik pintu, banyak dari mereka tidak melakukan itu, jangan Siapa yang tahu apa yang pengunjung balik pintu, tirai-Awsat] atau tidak?
Pelatihan 8


Licik Yahudi

          
Siaran Yahudi plot mereka sampai Islam datang, dan mengutus Muhammad saw dan mereka tahu karena mereka tahu anak-anak mereka, Vkzboh dan menghina dan interpretasi makna, dan kaum pagan untuk membunuhnya, dan Alboa pada kafir, dan suku-suku Arab, dan menghasut beberapa intrik, dan bagian belakang kemunafikan mereka; Vkther mereka sinar Islam dan Ibtun Yudaisme dan penghujatan, dan kemunafikan yang dituduhkan antara orang-orang, dan mengangkat band di kalangan umat Islam, dan hampir Islam dan Muslim, intrik-intrik yang tak terhitung jumlahnya Bahkan saat ini, sejarah adalah saksi itu.


Bagian II


I. Hamza menengah milenium:


Contoh1 melihat burung-burung senang memberi makan anaknya.

    
Kepala pertemuan Dewan Direktur Bapa.

    
Pasien menderita dari rasa sakit.
2 Tiba-tiba, saya bertemu dengan seorang teman baik untuk diriku sendiri.

    
Itu adalah isu penting.
Dia mengatakan: tidak meminta Ma'arij dekat intim 10}.
3 ini Alerb opini halus.

    
Apa yang Anda di Marib materi.

    
Dia mengatakan: Piala suasana Kavora} 5 hak.


Al-Qaeda
      
Menulis seribu tengah-Hamzah dalam kasus berikut:
1 jika Hamza terbuka dan didahului oleh sebuah surat terbuka.
Seperti: merasa, kepala, nyeri, ia bertanya, merenung, penyesalan,

      
Ruff, menyembuhkan, menjauhkan, tertunda, jijik, cemerlang.
2 Jika terbuka Hamza dan didahului oleh konsonan.
Seperti: Tiba-tiba, pertanyaan, bertanya, wanita, dan berat, penuh, jeritan.
3 Jika Hamza statis dan didahului oleh sebuah surat terbuka.
Seperti: melihat, Marib, kepala, cangkir, kapak, mengaum.
Membawa, oke, datang, menyembuhkan, konsisten, Sam.


PERHATIAN:
1 menengah jika diikuti Hamza dicat D ribu, ribu, yang diimbangi oleh durasi ribu, ditulis selama seribu Hamza.
Seperti: Levant beracun.
Juga, jika diikuti oleh Ulangan ribu.
Seperti: Al-Qur'an, penuh, membaca, mengisi.
2 menulis nada menengah Hamza pada terbuka jika didahului oleh J. statis.
Seperti: tubuh, miskin, penuh, ofensif.


Aturan umum untuk menulis media Hamza

       
Saat menulis Hamza tengah, melihat gerakan dan gerakan karakter yang mendahului mereka dan kita menulis pada apa yang cocok kelompok yang paling kuat.
Kuat gerakan:
1 fragmen dan serasi.
Vibrio dan 2 bahasa pencocokan.
3 slot dan pencocokan ribu.
4 tidur gerakan lemah.
5 dan ada beberapa kata yang menyimpang dari aturan, kita akan menyebutnya di tempat.


Pelatihan
Pelatihan 1


Pemenuhan Kovenan

         
Islam akan memaksimalkan perjanjian, dan memerintahkan mereka untuk memenuhi dan berbahaya membenci orang yang melanggar Kovenan. Rasulullah saw "adalah tanda-tanda munafik tiga:. Ketika dia berbicara dia dusta, dan jika dia melanggar janji dia istirahat itu" Dalam novel itu, "Jika pengkhianatan perjanjian, dan jika bertentangan dengan fajar."


Latihan 2
Kasih untuk hewan

       
Ali melihat pada Qaúd, sebuah lapangan melihat dan memegang kapak di bahunya, seekor anjing terengah-engah dari intensitas rasa haus, dan menderita kelaparan parah Frav dia, dan ia bertanya pada dirinya sendiri: Apa yang harus saya lakukan dengan orang ini miskin? Aku tidak tahan air atau telah meningkat, dan aku berlindung selain menunggu, mungkin Allah datang dengan kesabaran.

   
Itu hanya beberapa saat sampai pria itu berlalu dengan membawa botol air di belakang, Vastaznth keledainya yang dituangkan sedikit air dalam unta bagi saya, Vsakb dan menyirami anjing menanggapinya jiwanya.


Pelatihan 3
Hatim Tai

      
Paljod Arab terkenal dan kemurahan hati, begitu mendarah daging di dalamnya, hati mereka dipenuhi, dan paling terkenal Hatim Tai, kelompok bertemu sekali di jalan, ia bertanya kepada mereka tentang situasi mereka, mereka berkata: Apakah itu makanan? Dia menjawab: Otsalon untuk makanan dan ia harus Anda? Lalu ia membantai mereka dan tiga unta, masing-masing dari mereka unta, dan mereka mengatakan telah terdaftar kebajikan puisi, dan mulai saja.


Pelatihan 4


Umar ibn al-Khattab

      
Berasal ra dengan dia, munculnya pengawasan Quraish. Penggembalaan ternak kecil, kemudian belajar menulis, dan Maret, masalah perang dan perdagangan, bahkan tulang, menembus Manaoah dalam Islam, itu merasa bahwa masuk pada Faave suami adiknya tentang Islam. Diperkenalkan surat kabar kakaknya Anda membaca ayat-ayat dari Sura Taha, tidak lama setelah membacanya begitu aman. Crown setelah suksesi Abu Bakar, adalah contoh mencolok dari keadilan dan kesalehan, dan pembayaran pandang.


Pelatihan dari 5
Apa yang kecewa berkonsultasi

        
Hal itu dikatakan seorang pria dari Bani Abs: Apa Soapkm paling dalam secara langsung apa yang Anda datang, dan menghindari apa yang Anda menunjukkan padanya, ia berkata: Kami adalah seribu orang, dan kami sebuah perusahaan satu orang berpendapat dan pengetahuan, kita Nchaorh di Galilea dan hina, dan kami bekerja dalam pendapat dan saran, seolah-olah dia, jika pendapat kami, telah bekerja Seorang pria pendapat perusahaan, dan bernilai seribu putaran, perusahaan itu.


Pelatihan 6
Menghormati guru

         
Di masa lalu, siswa mengetahui mentor yang tepat, jika Anda berdiri di atasnya, dan mulai Bthith, membawa buku-bukunya, jangan duduk sampai dia duduk. Alexaii adalah guru yang setia dan aman. Dan ilmu pengetahuan, termasuk Snaah baik dengan dia, ia bertanya Alexaii, dan ketika dia datang dia bertanya kepadanya: dari orang tersayang? Dia bilang aku tidak tahu yang terbaik yang setia.

      
Rasheed mengatakan: Orang-orang terbaik untuk membawa sepatu balap mahkota Pangeran kaum muslimin. Dia mengambil Alexaii meminta maaf karena takut yang mungkin keliru.


Kedua, menulis Hamza media tunggal pada baris:


ContohSebuah optimisme, lebih kecil, menguap, Ti_am, efisien, datang kepada Anda, efisiensi Anda, muncul, konsisten, bertanggung jawab, membaca, Adsk, dan bugar, solvabilitas, masyarakat miskin, harmonisasi.
2 kembar, ksatria, Suth, nubuat, Asamoel, Tud, Baca.
3 Buna, cahaya mereka.
4 cahaya, Nuha, tdk menyetujui.
5 Mtbuhm, Tazavekm.
6 bagian dari dua bagian, Qroua Alquran, Rdoua Rdouan.


Al-Qaeda
1 jika ditandatangani menengah Hamza terbuka setelah saya menulis Sebuah statis tunggal pada baris; suksesi makruh Alvin dalam kata.
Seperti berkurang, optimisme.
2 menulis satu baris jika itu terbuka dan didahului F statis.
Seperti kembar, sebuah nubuat.
3 menulis satu baris jika itu terbuka setelah F. ketat.
Seperti: Buna, Nuna, dalam terang.
4 untuk menulis satu baris jika paket tersebut telah ditandatangani F statis.
Seperti: cahaya, Nuha.
5 menulis satu baris pada paket jika ditandatangani setelah F. ketat.
Seperti: Tazavekm, Tenbuha, asumsi.
6 Jika Anda menulis surat terbuka tunggal setelah menjadi penduduk yang benar, datang setelah seribu ribu, atau berencana untuk mendapatkan Muthanna monumen, dan tidak dapat dicapai sebelum itu, termasuk Hamza.
Seperti: "bagian, dua bagian."
Jika mungkin, termasuk apa yang datang sebelum tiba setelah Pemula untuk nada.
Seperti: "beban, Abian, hangat, Dfian."


Pelatihan
Pelatihan 1


Keindahan alam

        
Musim gugur matahari bersinar, tapi tidak menghilangkan solvabilitas kabut, tidak berubah dari buruknya kualitas suasana yang tampaknya awan langit. Dan bahwa banyak orang yang masih mengenakan pakaian musim dingin, dan meringkuk tasawuf Balabaouat, dan keluar ke ladang diisi Baloqahoan dan Nawar, mulai merasa sangat Bhinah, karena mereka hidup di pangkuan alam, dan menikmati kepolosan, kemurnian, dan hati rakyatnya.


Latihan 2
Sahabat

        
Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa para pemilik Rasulullah saw adalah beberapa untuk menghadapi dua terbesar adalah Persia, dan Roma di rumah mereka sendiri, mereka kurang efisien, dan pengalaman dari sifat negara, dan tanpa mereka nomor dan peralatan? Tapi orang-orang yang merindukan iman Islam toleran, yang merupakan kekuatan Islam diperpanjang awal dan menang, dan kemanusiaan yang benar, dengan aura Palmruh. Mereka kembar kepahlawanan dan cita-cita, dan simbol keadilan, Tuhan memberkati sahabat dan yang mengikuti mereka dalam kebenaran sampai hari kiamat, surga dan Buhm, ya, dari surga Mtbuhm.