الوحدة السادسة
الجزء الأول
أولا ـ همزة الوصل وهمزة القطع :
الأمـــثلة
( أ )
1 ـ قال تعالى : { إن الإنسان لفي خسر } 2 العصر .
2 ـ أكرم محمد ضيفه .
3 ـ الحياء شعبة من الإيمان .
4 ـ أحسن إلى الفقراء .
5 ـ أعمل واجبي بانتظام .
6 ـ أكل الجائع الطعام .
( ب )
1 ـ انتصر المسلمون في معركة بدر .
2 ـ كان انتصارهم تعزيزا لوحدة المسلمين .
3 ـ سر على الرصيف وانتبه لحركة السيارات .
4 ـ استعمل يوسف فرشاة الأسنان .
5 ـ ينصح الأطباء باستعمال السواك .
6 ـ استفد من تجارب الآخرين .
7 ـ اقرأ دروسك واعمل واجباتك أولاً فأولاً .
8 ـ يعد امرؤ القيس أول طبقات الشعراء في العصر الجاهلي .
9 ـ اثنان لا يشبعان : طالب علم وطالب مال .
القاعــــدة
1 ـ ترسم همزة الوصل وهمزة القطع على الألف في أول الكلمة ، وكلتاهما متحركتان بالحركات الثلاث : الفتحة والضمة ترسمان فوق الألف ، والكسرة ترسم تحت الألف .
2 ـ همزة الوصل : همزة ينطق بها في أول الكلمة دون أن ترسم على الألف ، وتسقط كتابة ولفظًا إذا جاءت في وسط الكلام كأن يسبقها حرف من الحروف .
مثل : فاستعمل ، واعتصم ، واستفاد .
والغرض من الهمزة أن يتوصل بها إلى النطق بالساكن في بداية
الكلمة ، والبعض يرسمها على شكل رأس " صـ " صغيرة على الألف .
3 ـ همزة القطع : همزة تظهر على الألف كتابة ونطقا ، وترسم
على شكل رأس " عـ " صغيرة فوق الألف هكذا " أ " .
مواضع همزتي الوصل والقطع
همزة الوصل : ـ
1 ـ في الأسماء : اسم ، ابن ، ابنة ، ابنم ، امرؤ ، امرأة ، اثنان ، اثنتان ، ايم الله ، ايمن الله ، است .
2 ـ في الأفعال :
أ ـ ماضي الفعل الخماسي والسداسي ، والأمر منهما ومصادرها .
مثل : انتصر ، انتهى ، استعان ، استعمل .
انتصر ، انته ، استعن ، استعمل
انتصار ، انتهاء ، استعانة ، استعمال .
ب ـ أمر الفعل الثلاثي . مثل : ارسم ، اكتب ، اجلس .
ج ـ همزة " أل " التعريف إذا اتصلت بالكلمة . مثل : الكتاب ، الصدق .
همزة القطع : ـ
1 ـ في الأسماء : جميع الأسماء والضمائر المهموزة الأول ، وإذا الشرطية .
مثل : إبراهيم ، أحمد ، أنا ، أنت ، إذا .
ماعدا الأسماء المسموعة عن العرب بهمزة وصل ، وقد سبق ذكرها .
2 ـ في الأفعال :
أ ـ ماضي الأفعال الرباعية ، والأمر منها ، ومصادرها .
مثل : أكرم ـ أكرْم ـ إكرام ، أحسن ـ أحْسن ـ إحسان .
أعطى ـ أعْط ـ إعطاء ، أنشأ ـ أنْشئ ـ إنشاء .
ب ـ الفعل المضارع المهموز الأول .
مثل : أستعملُ ـ أستعينُ ـ أنعطفُ ـ أستشيرُ ـ أتعلمُ ، أكرمُ ـ أحسنُ ـ أكتبُ ـ أجلسُ .
3 ـ جميع الحروف المهموزة الأول .
مثل : إلى ـ إنما ـ إنَّ ـ أنَّ ـ إنْ ـ أن ـ إذ ما ـ
" أل " الموصولة مثل : القادم ، القائل ، الضارب .
ما عدا " أل " التعريف عند اتصالها بالاسم .
تدريبات
تدريب 1
صلاة الجماعة
من أدرك ركعة مع الإمام فقد أدرك الجماعة ، وتدرك الركعة بإدراك الركوع مع الإمام . وتجزى تكبيرة الإحرام عن تكبيرة الركوع إذا أدرك الإمام راكعًا ، وإن أدركه بعد الركوع لم يكن مدركًا للركعة وعليه متابعته .
تدريب 2
عبد الله بن المبارك
هو عبد الله بن المبارك بن واضح ، أبو عبد الرحمن الحنظلي التركي المروزي ، الإمام شيخ الإسلام ، عالم زمانه ، وأحد الأتقياء ، أبوه تركي ، وأمه خوارزمية .
أقدم شيخ لقيه ، هو الربيع بن أنس الخرساني ، تحيل إليه ، ودخل عنده السجن ، فسمع منه نحو أربعين حديثًا ، ثم ارتحل في سنة إحدى وأربعين ومائة ، وأخذ عن بقايا التابعين ، وأكثر من الترحال والطواف إلى أن مات في طلب العلم .
تدريب 3
الجهاد
في الحياة الخير والشر ، والحق والباطل ، والهدى والضلال ، والإيمان والكفر . وهذه القوى المتقابلة لها أتباعها من بني الإنسان ، منذ أن خلق الله البشرية ، لذا اقتضت سنته سبحانه وتعالى أن يحتدم الصراع بينهما ، وأن يكون القتال ضرورة من ضروريات الحياة ، لانتصار الخير والهدى والإيمان ، ودرء الفساد والطغيان والشر . لذلك شرع الجهاد ، وجعل فريضة من فرائض الإسلام ؛ حفاظًا على الإيمان في الأرض .
تدريب 4
صنم عمرو بن الجموح
كان أبناء عمرو بن الجموح يعرفون مدى تعلق أبيهم بصنمه " مناة " ، وكيف أنه غدا مع الزمن قطعة منه ، ولكنهم أدركوا أنه بدأت تتزعزع مكانته في قلبه ، وأن عليهم أن ينتزعوه من نفسه انتزاعًا ، فذلك سبيله إلى الإيمان .
أدلج أبناء عمرو مع صديقهم معاذ بن جبل إلى مناة في الليل ، وحملوه من مكانه ، وذهبوا به إلى حفرة لبنى سلمة يرمون بها أقذارهم وطرحوه هناك دون علم أبيهم .
تدريب 5
صحابة رسول الله
من أصول أهل السنة والجماعة ، محبة أصحاب الرسول ـ صلى الله عليه وسلم ـ ، والترضي عنهم ، والاستغفار لهم ، والاعتقاد أنهم أفضل الأمة ، وذكرهم بالخير ، وترك الخوض فيما حصل بينهم من الفتن . فقد أحبهم الله ورضى عنهم ، وأثنى عليهم في كتابه ، وأحبهم الرسول ـ عليه أفضل الصلاة ـ ونهى عن سبهم ، والتعرض لهم بالأذى .
تدريب 6
نكبة فلسطين
إن نكبة فلسطين بالصليبيين ، كانت من أشد ما أصيبت به الأمة الإسلامية في تاريخها . وقد أذن الله أن تتحرر فلسطين على يد صلاح الدين الأيوبي ، فهل نشك أننا سننقذها بإذنه تعالى من اليهود ، وإذا عجزنا نحن أن نعود إلى مثل سيرة هذا القائد الإسلامي ليكتب لنا مثل نصر حطين ، فسيخرج إن شاء الله من أبنائنا وأحفادنا من هم أنقى منا ، وأطهر سيستردون بحوله وقوته فلسطين .
تدريب 7
البطل الصغير
كان رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ قد أعد جيشا بقيادة أسامة بن زيد الذي لم يتجاوز الثامنة عشر من عمره ، لتأديب من اعتدى على المسلمين من أهل الشام ، ومات الرسول قبل أن يتحرك الجيش ، فأصر خليفته أبو بكر ـ رضي الله عنه ـ على أن ينفذ ما كان قد عزم عليه الرسول .
وبينما أسامة يتفقد الجيش ، إذ تقدمت إليه امرأة وقالت : ألا تقبلني أيها القائد محاربة في جيشك ؟ فقال لها أسامة : عودي إلى بيتك بارك الله في شجاعتك ووفائك ، فلدينا من الجند ما يكفي .
تدريب 8
الإذن في الدخول
لا يقتصر الأمر بالإذن على دخول المرء دار غيره ، بل يكون الاستئذان كذلك إذا دخل بيتا ليس فيه إلاّ أمه أو أخته من محارمه ، فعن عطاء بن يسار أن رجلاً قال للنبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ : أأستأذن على أمي ؟ قال : نعم . قال : إنها ليس لها خادم غيري ، أفأستأذن عليها كلما دخلت ؟ قال : أتحب أن تراها عريانة ؟ قال الرجل : لا . قال : فاستأذن عليها .
تدريب9
التصحر
للتصحر أخطار كثيرة ، منها تهديد المناطق الزراعية عن طريق طريق طمر المزروعات ، وانخفاض إنتاجية الأرض ، وتقلص الأراضي المنتجة زراعيا .
ومن أشكال التصحر ما يلاحظ على التربة من تعرية وانجراف ، ويقصد بالتربة الطبقة السطحية التي ينمو فيها النبات ، والتعرية تعني زوال الطبقة السطحية وظهور الصخور الصلبة التي تكون عادة أسفل منها ، وقد يستحيل استخدامها زراعيًا ، فتبدو الأرض جرداء خالية من الغطاء النباتي .
تدريب 10
من وصايا الحكماء
أوصى أحد الحكماء ابنه فقال له :
إذا جهلت فاسأل ، وإذا أسأت فاندم ، وإذا ندمت فأقلع ، وإذا أفضلت على أحد فاكتم ، وإذا حدثت فاصدق ، وإياك والعجلة فإن العرب كانت تكنيها أم الندامة . واستكثر من الحسنات ، واحذر المعاصي ، واختر أصدقاءك بعناية ، لأن من صادق الأخيار كان أخيرهم ، ومن صادق الأشرار كان أشرهم . واعلم أن أضعف الناس من ضعف عن كتمان سره ، وأقواهم من قوى على غضبه ، وأصبرهم من أسر فاقته .
ثانيا ــ زيادة بعض الأحرف :
كالألف بعد واو الجماعة ، وفي مائة ، ومضاعفاتها ، وواو عمرو في حالتي الرفع والجر .
الأمــثلة
المجموعة الأولى :
1 ـ في المكتبة مائة كتاب .
2 ـ زرع الفلاحون تسعمائة شجرة .
3 ـ قال تعالى : { ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة } 195 البقرة .
4 ـ وقال تعالى : { و كلوا واشربوا حتى يتبين لكم الخيط الأبيض من الخيط الأسود } 187 البقرة .
5 ـ قال تعالى : { كونوا أنصار الله } 14 الصف .
6 اشتريت قلمًا جديدًا .
قال الشاعر :
7 ـ إذا بلغ الفطام لنا رضيع تخر له الجبابر ساجدينا
المجموعة الثانية :
1 ـ كان عمرو بن العاص من دهاة العرب .
2 ـ مررت بعمرٍو .
3 ـ رأيت عمرًا .
4 ـ قال الشاعر : أولئك آبائي فجئني بمثلهم
5 ـ قال تعالى : { وما يذّكر إلاّ أولو الألباب } 269 البقرة .
6 ـ قال تعالى : { جاعل الملائكة رسلا أولي أجنحة } 1 فاطر .
7 ـ قال تعالى : { ها أنتم أولاء تحبونهم } 119 آل عمران .
8 ـ أقدر أولات الفضل .
القاعـــــدة
تزاد بعض الحروف كتابة لا نطقا في المواضع التالية : ـ
1 ـ في كلمة مائة ومضاعفاتها حتى تسعمائة دون أن تلفظ ، وكتابتها بلا ألف ليس خطأ ، إذ لا مسوغ لوجودها .
ولا تزاد في الكلمات الآتية : مئات ، مئون ، مئين ، المئوي ، المئوية .
2 ـ تزاد الألف بعد واو الجماعة للتفريق بينها وبين واو العلة في الأفعال المعتلة الآخر بالواو . وتسمى الألف الفارقة .
تزاد في الفعل الماضي ، والأمر ، والمضارع المنصوب والمجزوم .
مثل : قالوا ، قولوا ، لن يقولوا ، لم يقولوا .
مع التنبيه على عدم زيادتها في مثل : يدعو ، ينجو ، يرسو ، يمحو .
ولا تزاد الألف أيضا بعد واو الجمع المضاف .
مثل : حضر معلمو المدرسة . وسافر مهندسو البناء .
3 ـ تزاد الألف في آخر الاسم المنون تنوين نصب ، إذا لم يكن منتهيا بتاء التأنيث المربوطة ، أو همزة على الألف ، أو همزة سبقها ألف . مثال المنون التي تزاد فيه الألف :
رأيت رجلاً قادمًا يركب حصانًا .
أمثلة الأسماء التي لا تزاد فيها الألف :
شممت رائحةً ذكيةً .
ارتكب المهمل خطأً .
شاهدت سماءً صافية . واستنشقت هواءً .
4 ـ تزاد الألف في آخر بيت الشعر عند إشباع الحركة ، وتسمى ألف الإطلاق .
كقول الشاعر :
تعز فلا شيء على الأرض باقيا ولا وزر مما قضى الله واقيا
وقول الآخر :
أضحى التنائي بديلاً عن تدانينا وناب عن طيب لقيانا تجافينا
5 ـ تزاد الواو في آخر كلمة عمرو في حالتي الرفع والجر ، وتحذف في حالة النصب ، وتنون لأنها مصروفة ، وتسمى الواو واو عمرو .
مثل : جاء عمرٌو . وسلمت على عمرٍو . وصافحت عَمْرًا .
6 ـ تزاد الواو وسطًا في الألفاظ الآتية :
أولو ، أولي : بمعنى أصحاب وصاحبات ، وتكون أولو في حالة الرفع ، وأولي في حالتي النصب والجر .
وتزاد في : أولئك ، أولاء ، أولات .
تدريبات
تدريب 1
توصية معلم لتلاميذه
أنتم رجال الغد ، وأمل المستقبل ، وذوو الإخلاص . بلادكم تنتظركم ، وتعلق عليكم آمالاً كبيرة ، فلا تخذلوا بلدكم ، وثابروا في تحصيل العلم ، واصبروا على المشقة والكد ، فالذين يصبرون ويجاهدون في طلب العلم أولئك هم الفائزون . أبنائي وبناتي أولات العلم والخلق والفضل ، أوصيكم ونفسي بتقوى الله وبالجد والاجتهاد ، وكونوا كزملائكم في العام الماضي الذين نجحوا جميعًا ، وكانت نسبة نجاحهم مشرفة ، وقد حاز الطالب عمرو على المركز الأول ، أرجو لكم التوفيق جميعًا .
تدريب 2
قال تعالى :
{ فإن يكن منكم مائة صابرة يغلبوا مائتين } 66 الأنفال .
{ فاصبر كما صبر أولو العزم من الرسل } 35 الأحقاف .
{ وأولات الأحمال أجلهن أن يضعن حملهن } 4 الطلاق .
{ ولبثوا في كهفهم ثلاثمائة سنين } 25 الكهف .
{ فأولئك يبدل الله سيئاتهم حسنات } 70 الفرقان .
{ قال هم أولاء على أثري وعجلت إليك ربي لترضى } 84 طه .
قال الشاعر :
بأي مشيئة عمرو بن هند تطيع بنا الوشاة وتزدرينا
تدريب 3
عمرو بن العاص
كان عمرو بن العاص من أشراف قبيلة قريش . اشتغل بالتجارة
قبل الإسلام ، ولما أسلم أحبه النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ لمهارته وذكائه .
كان عمرو قائدًا مشهورًا ، حارب مع النبي ، واشترك في فتح الشام ، وقاد المسلمين في فتح مصر . كان ذكيًا ، واسع الحيلة ، وضرب
بدهائه المثل ، رحم الله عمرًا والصحابة أجمعين .
تدريب 4
من علماء المسلمين
أنجبت الأمة الإسلامية علماء نبغوا في تدوين التاريخ أولهم الطبري المتوفى سنة عشر وثلاثمائة للهجرة ، وآخرهم ابن الأثير الذي توفي سنة ثلاثين وستمائة هجرية . ومن أشهر علماء التاريخ : المسعودى ، وابن النديم ، وابن مسكويه ، وأبو الفداء الذي ولد في دمشق، وتوفي سنة اثنتين وسبعمائة للهجرة ، في مدينة حماة بسوريا .
تدريب 5
الوقت من ذهب
عرف الناس قديما قيمة الوقت ، وبحثوا عن سبل معرفته ، فلاحظوا تحرك الظل بانتظام ، وشروق الشمس صباحًا ، وغروبها مسـاء ، فاعتمدوا على ذلك في تحديد نومهم ، ويقظتهم ، وعملهم نهارًا ، ثم لاحظوا حركة الكواكب والنجوم ليلاً ، فاتخذوا منها مقياسًا للزمن في الليل ، وقسموا الوقت إلى شهور وأعوام .
تدريب6
صلاة الجمعة
ارتفعت الأصوات فوق مآذن المدينة بالنداء لصلاة الجمعة ، فلبى المسلمون نداء ربهم ، وتركوا البيع والتجارة ، وسارعوا من كل صوب وحدب ، يسعون إلى بيوت الله وهم خاشعون ، ليؤدوا فريضته ، ويتضرعوا إليه بالدعوات ، ويتقربوا إليه بالصلوات ، وليلتقوا في رحاب المساجد بإخوان لهم في الله . فإذا قضيت الصلاة انتشروا في الأرض يبتغون من فضله . قال تعالى : { يأيها الذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله وذروا البيع } .
ثالثا : ـ
1 ـ حذف همزة الوصل من بعض الكلمات : ـ
الأمــثلة : ـ
المجموعة الأولى :
1 ـ يلقب الخليفة عمر بن عبد العزيز بخامس الخلفاء الراشدين .
2 ـ اشتهر الخليفة عمر بن الخطاب بالعدل .
3 ـ تزوج الرسول الكريم من خديجة بنت خويلد .
4 ـ توفيت آمنة بنت وهب والرسول الكريم لما يتجاوز السادسة .
5 ـ أبنك الذي فاز بالمسابقة ؟
6 ـ أبنتك هذه التي تحفظ القرآن ؟
7 ـ قال تعالى : { قال يابن أم لا تأخذ بلحيتي } 94 طه .
8 ـ قال الشاعر : " يابن المراغة أين خالك إنني " .
المجموعة الثانية :
1 ـ بسم الله الرحمن الرحيم .
2 ـ قال تعالى : { وللدار الآخرة } 32 الأنعام .
3 ـ قال تعالى : { للفقراء الذين أحصروا في سبيل الله } 273 البقرة .
4 ـ إذا صادفت عليا فأت به ، وأت معه بمحمد .
5 ـ قال تعالى : { خذ العفو وأمر بالعرف وأعرض عن الجاهلين } 199 الأعراف .
6 ـ أسمك محمد أم على ؟
7 ـ قال تعالى : { أصطفى البنات على البنين } 153 الصافات .
القاعــــدة
1 ـ تحذف همزة الوصل من كلمة " ابن " و " ابنة " إذا وقعت بين علمين الأول غير منون ، والثاني والده .
ولا تحذف إذا لم تتوسط علمين ثانيهما والد الأول .
مثل : موسى الكليم ابن عمران .
يوسف ابن الشيخ حمدان .
ولا تحذف إلا إذا كانت الكلمة نعتا مفردا . فإذا ثنيت ثبتت الهمزة .
مثل : الأمين والمأمون ابنا هارون الرشيد .
ولا تحذف أيضًا إذا جاءت كلمة " ابن " أو " ابنة " في أول السطر ولو توسطت علمين . مثل : لُقِّب خالد ابن الوليد بسيف الله المسلول . وكان الخليفة عمر ابن الخطاب رجلاً زاهدًا .
2 ـ تحذف همزة " ابن " إذا دخل عليها همزة الاستفهام .
3 ـ تحذف إذا سبقها " يا " النداء .
4 ـ تحذف من أول البسملة ، وحذفها لكثرة الاستعمال ، ويشترط في حذفها أن تذكر البسملة كاملة . وإذا لم تذكر كاملة فلا تحذف .
مثل : باسمك اللهم . باسم عبد الله . باسم الله .
ولا تحذف إذا كانت الهمزة متعلقة بما قبلها أو بما بعدها .
مثل : افتتح باسم الله الرحمن الرحيم هذا المصنع .
ومثل : باسم الله الرحمن الرحيم نفتتح هذه الندوة .
5 ـ تحذف همزة الوصل من " أل " التعريف إذا وقعت بعد لام الابتداء أو بعد لام الجر .
6 ـ تحذف همزة الوصل إذا وقعت في كلمة بين الواو أو الفاء وبين همزة أصلية هي فاء الكلمة . مثل : وأت ، فأت ، وأمر .
7 ـ تحذف همزة الوصل من أي كلمة إذا وقعت بعد همزة الاستفهام .
ثالثا : ـ
ب ـ حذف الألف من بعض الكلمات : ـ
الأمـثلة
1 ـ قال تعالى : { يأيها الناس اعبدوا ربكم } 21 البقرة .
2 ـ قال تعالى : { يأيتها النفس المطمئنة } 27 الفجر .
3 ـ يأهل الخير تصدقوا على الفقراء .
4 ـ الأمطار تهطل لكنَّ الجو دافئ.
5 ـ حاول يوسف إنقاذ الغريق لكن دون جدوى .
6 ـ قال تعالى : { الله نور السموات والأرض } 35 النور .
7 ـ قال تعالى : { الله لا إله إلا هو } 255 البقرة .
8 ـ قال تعالى : { الرحمن علم القرآن } 2 الرحمن .
9 ـ قال تعالى : { يس والقرآن الحكيم } 2 يس .
10 ـ قال تعالى : { طه ما أنزلنا عليك القرآن لتشقى } 2 طه .
11 ـ قال تعالى : { يا أخت هرون } 28 مريم .
12 ـ فال تعالى : { رب اجعل هذا البلد آمنا } 35 إبراهيم .
13 ـ قال تعالى : { ولا تقربا هذه الشجرة } 35 البقرة .
14 ـ قال تعالى : { قالوا إن هذان لساحران } 63 طه .
15 ـ قال تعالى : { وجئنا بك على هؤلاء شهيدا } 41 النساء .
16ـ قال تعالى:{أولئك على هدى من ربهم ، وأولئك هم المفلحون}5 البقرة .
القاعــــدة
1 ـ تحذف ألف " يا " النداء إذا تلاها " أيّ " أو " أيّة " .
2 ـ تحذف ألف " يا " النداء إذا تلاها كلمة " أهل " .
3 ـ تحذف الألف من كلمة " لكنّ " الاستدراكية ، و" لكن " العاطفة .
4 ـ تحذف الألف من بعض الأسماء . مثل : الله ، السموات ، إله ،
الرحمن ، يس ، طه ، هرون .
5 ـ تحذف من أسماء الإشارة .
6 ـ تحذف من " أولاء " إذا اتصلت بكاف الخطاب " أولئك " .
الجزء الثاني
أولا ـ حذف الألف من " ما " الاستفهامية و "ها " التنبيه و" ذاك " :
الأمــثلة : ـ
المجموعة الأولى :
ـ قال تعالى : { عمَّ يتساءلون } ؟ 1النبأ .
2 ـ لم أهملت واجباتك ؟
3 ـ بمقتضام تسكت عن الحق ؟
4 ـ بم أكافئك ؟
5 ـ قال الشاعر : " إلام الخلف بينكمو إلاما " ؟
6 ـ علام تستند في حكمك ؟
7 ـ فيم تفكر ؟
8 ـ مم تشتكى ؟
المجموعة الثانية :
1 ـ قال تعالى : { إنا ههنا قاعدون } 24 المائدة .
2 ـ هأنا في انتظارك .
3 ـ هأنت تستحق الفوز .
4 ـ هأنتم إخوة في الله .
المجموعة الثالثة :
1 ـ قال تعالى : { ذلك الكتاب لا ريب فيه } 2 البقرة .
2 ـ قال تعالى : { ذلكم أزكى لكم } 232 البقرة .
القاعــــدة
1 ـ تحذف ألف " ما " الاستفهامية إذا اتصلت ببعض حروف الجرالآتية : عن ، اللام ، الباء ، إلى ، على ، في ، من .
2 ـ تحذف ألف "ها " التنبيه إذا دخلت على ضمير مبدوء بالهمزة .
3 ـ تحذف الألف من " ذاك " إذا اتصلت بلام البعد .
ثانيا ـ حذف النون من حرفي الجر " من " و" عن " إذا اتصلا بـ " ما " أو بـ " مَن " : ـ
الأمــثلة : ـ
المجموعة الأولى :
1 ـ مم تخاف ؟
2 ـ عم تتحدث ؟
3 ـ قال تعالى : { مما خطيئاتهم أغرقوا } 25 نوح .
4 ـ عما قليل أعود .
5 ـ تجاوزت عما تقول .
6 ـ أنفق مما تكسب .
المجموعة الثانية :
1 ـ ممن تعلمت العلم النافع ؟
2 ـ عمن تبحث ؟
3 ـ قال تعالى : { فاعرض عمن تولى عن ذكرنا } 29 النجم .
4 ـ قال تعالى : { ومن أظلم ممن منع مساجد الله } 114 البقرة .
القاعــــدة
تحذف النون من حرفي الجر " من " و " عن " في الحالتين التاليتين :
1 ـ عند اتصالهما " بما " الاستفهامية ، أو الزائدة ، أو الموصولة .
2 ـ عند اتصالهما " بمن " الاستفهامية ، أو الموصولة .
ثالثا ـ حذف بعض الأحرف الأخرى من الكلمات : ـ
الأمــثلة : ـ
المجموعة الأولى :
1 ـ قال تعالى : { وآتينا داود زبورا } 163 النساء .
2 ـ قال تعالى : { وقال موسى لأخيه هارون } 143 .
المجموعة الثانية :
1 ـ الملاآت نظيفات .
2 ـ قال تعالى : { إن كتاب الأبرار لفي علييّن } 18 المطففين .
المجموعة الثالثة :
1 ـ قال تعالى : { اعبدوا ربكم الذي خلقكم } 21 البقرة .
2 ـ قال تعالى : { الذين يؤمنون بالغيب } 3 البقرة .
3 ـ قال تعالى : { اذكروا نعمتي التي أنعمت عليكم } 40 البقرة .المجموعة الرابعة :
1 ـ لليمون فوائد كثيرة .
2 ـ الأطفال محبون للموز .
المجموعة الخامسة :
1 ـ لا تخش إلا الله .
2 ـ لتصحُ مبكرا .
3 ـ لم يرمِ اللاعب الكرة .
المجموعة السادسة :
1 ـ ادعُ الله في السر والعلن .
2 ـ اسعَ لفعل الخير .
3 ـ اجرِ بسرعة .
القاعـــــدة
1 ـ تحذف الواو من : داود ، هارون ، طاوس ، رءوف ، وأمثالها كراهة توالي حرفين من جنس واحد .
2 ـ إذا اجتمعت ثلاثة أحرف متماثلة في كلمة واحدة حذف أحدها .
مثل : ملاآت ، براآت ، مساآت ، يسوؤن ، ينوؤن ، عليين ، النبيين .
3 ـ حذف اللام الثانية من الذي ، والتي ، والذين . للتخفيف ، وكثرة الاستعمال . وهى من الحروف التي تلفظ ولا تكتب .
4 ـ تحذف همزة " أل " التعريف إذا دخل عليها حرف الجر " اللام " .
5 ـ تحذف حروف العلة من آخر الفعل المضارع في حالة الجزم .
6 ـ تحذف حروف العلة من آخر الفعل عند بنائه للأمر .
تدريبات
تدريب 1
جلالة الملك فيصل رحمه الله
هو فيصل بن عبد العزيز بن عبد الرحمن بن فيصل بن تركي ابن عبد الله بن محمد بن سعد . ولد ـ رحمه الله ـ بالرياض ، وتربى في بيت جده لأمه الشيخ عبد الله بن عبد اللطيف آل الشيخ، ونشأ على الصلاة والتقوى ، ولازم والده فتأثر بقوته ، وشجاعته ، وحكمته ، وبعد نظره ، وحسن إدارته . لذلك تجمعت فيه مزايا الحاكم العادل ، والسياسي المحنك ، وهذا ما عرف عنه رحمه الله.
تدريب 2
الأحنف بن قيس
قيل للأحنف بن قيس ممن تعلمت الحلم ؟ قال : تعلمته من قيس بن عاصم المنقري ؛ رأيته قاعدا في فناء داره يحدث قومه ، فأتي برجل مكتوف وآخر مقتول ، وسئل عن المكتوف : أبن أخيك هذا ؟ قال : نعم ، فوالله ما قطع كلامه ، ولا تحرك من مجلسه ، وإنما قال لابن أخيه : " يابن أخي ! رميت نفسك بسهمك ، وقتلت ابن عمك " .
تدريب 2
الاعتزاز بالنفس
سأل عمرو بن هند جلساءه ذات يوم : مَن من العرب تأنف أن تخدم أمي ؟ فقالوا : لا نعلم إلا هندا أم عمرو بن كلثوم ، فإن أباها وخالها وابنها في ذروة الشرف من قومهم . فأرسل عمرو بن هند يدعو عمرو بن كلثوم لزيارته هو وأمه . فلبى عمرو الدعوة . وبعد تناول لطعام ، قالت أم عمرو بن هند : ناوليني وعاء الرطب يا هند ، فأجابتها : لتقم صاحبة الحاجة إلى حاجتها . وعندما ألحت عليها في الطلب صاحت هند وا ذلاّه ، يا لتغلب . فسمع ابنها الاستغاثة فقام إلى السيف فقطع به رأس عمرو بن هند .
تدريب 3
فاطمة بنت عبد الملك
والدها عبد الملك بن مروان بن الحكم ، وإخوتها الوليد وهشام وسليمان ومسلمة . وزوجها الخليفة العادل عمر بن عبد العزيز . قال لها حين ولى الخلافة : يا بنة عبد الملك : أ شتريت ما تتحلين به بمالك ؟ أم أتيتيه بجدك وعملك ؟ فإن لم يكن ذلك فرديه إلى بيت مال المسلمين ، أو فارقيني ، قالت : " ما كنت مؤثرة عليك شيئا يابن عمي " ، وتنازلت عمَّا تملكه إلى بيت المال .
تدريب 4
أول الخطوط
قيل : إن من اشتهر بالكتابة في الحيرة ثلاثة نفر هم : بشر بن عبد الملك أخو أكيدر صاحب دومة الجندل ، ويزيد بن عدى ، وعدى بن زيد الجنادي ، والأخير كان من كتّاب الأكاسرة . جاء الإسلام ولم يكن فيهم متعلم في مكة سوى القليل من الرجال والنساء . وذُكر أن أول من جعل تعلم الكتابة إلزاميا حاثا عليه هو النبيُّ الأمي محمد بن عبد الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ .
تدريب 5
سعيد بن عامر الجمحي
كان الفتى سعيد بن عامر الجمحي ، واحدًا من الآلاف المؤلفة الذين خرجوا إلى منطقة التنعيم في ظاهر مكة بدعوة من زعماء قريش ، ليشهدوا مصرع خبيب بن عدي أحد أصحاب محمد بعد أن ظفروا به غدرًا .
وقد مكنه شبابه الموفور ، وفتوته المتدفقة من أن يزاحم الناس بالمناكب ، حتى حاذى شيوخ قريش ، من أمثال : أبي سفيان بن حرب ، وصفوان بن أمية ، وغيرهما ممن يتصدرون الموكب .
تدريب 6
المحافظة على الوقت
إن مما يضيع الزمن عدم تحديد الغرض ، وعدم الإخلاص في العمل . إذ هما اللصان اللذان يسرقان الزمن ويضيعان فائدته .
ومن نتائج هذين العدوين التأجيل ، وعدم الدقة في مراعاة الزمن المحدد للعمل ، وعدم المواظبة . فتأخر دقائق عن البدء المحدد معناه ضياع دقائق من وقت العمل ، وذلك يؤدى إلى إحدى نتيجتين : إما الإسراع في العمل وعدم الدقة فيه ، وإما التعدي على أوقات خصصت لواجبات أخرى ، ومن هذا النحو : تأجيل العمل إلى وقت غير وقته ، وإذا عُمل فقلما يُعمل بإتقان .
Bagian I
Pertama, link dan potongan menghubungkan:
Contoh
(A)
1 Dia mengatakan mengatakan: bahwa manusia adalah hilang} 2 kali.
Muhammad Akram 2 rumah.
3 Divisi kesederhanaan iman.
4 yang terbaik untuk orang miskin.
5 Saya melakukan tugas saya secara teratur.
6 lapar untuk makan makanan.
(B)
1 Muslim menang dalam pertempuran Badar.
2 adalah kemenangan mereka sebagai kelanjutan dari kesatuan umat Islam.
3 rahasia di trotoar dan menonton gerakan mobil.
4 Yusuf digunakan sikat gigi.
5 dokter menyarankan penggunaan Miswak.
6 Mengambil keuntungan dari pengalaman orang lain.
7 Baca pelajaran Anda dan melakukan tugas-tugas Anda yang pertama Pertama.
8 Yang pertama lapisan seorang pria mengukur penyair di era pra-Islam.
9 Ichavan keduanya tidak: seorang pencari pengetahuan dan meminta uang.
Al-Qaeda
1 menggambar link yang menghubungkan dan seribu keping di lantai pertama, dan kedua tiga Trkian gerakan: slot dan Vibrio telah diproyeksikan di atas pabrik, dan cat fragmen di bawah seribu.
2 link: menghubungkan dalam kata yang diucapkan pertama tanpa cat seribu, dan menuliskan kasar apakah itu di tengah-tengah berbicara seolah-olah didahului oleh karakter karakter.
Seperti: Fastaml, dan duduk, dan manfaat.
Tujuan dari Hamza untuk menjangkau pengucapan pada awal Balsakn
Kata, dan beberapa cat dalam bentuk modal "r" kecil ribu.
3 buah menghubungkan: suatu menghubungkan muncul di milenium lisan dan tertulis, dan cat
Dalam bentuk modal "p" begitu kecil lebih dari seribu "A".
Hmzata fokus posisi dan memotong
Link:1 dalam nama: nama, putra, putri, BNM, pria, wanita, dua, dua, Im Allah, Ayman Allah, AST.
2 dalam bertindak:
Sebuah masa lalu verba lima-dan enam negara, dan itu adalah mereka dan sumber-sumber mereka.
Seperti: dikalahkan, selesai, digunakan, digunakan.
Won, cukup selesai, Gunakan, Gunakan
Kemenangan, akhir, gunakan, gunakan.
B adalah trio bertindak. Seperti: Menggambar, menulis, duduk.
C menghubungkan "dengan" definisi kata jika dihubungi. Seperti: buku, kejujuran.
Menghubungkan potongan:1 dalam nama: semua nama dan kata ganti Almanmozh pertama, dan jika bersyarat.
Seperti: Ibrahim, Ahmed, saya, Anda, jika.
Kecuali nama-nama Arab radio Bhmzh tiba, sebagaimana telah disebutkan.
2 dalam bertindak:
Sebuah masa lalu tindakan Quartet, dan itu adalah mereka, dan sumber-sumber mereka.
Seperti: Akram Akram Akram, terbaik dari yang terbaik amal.
Berikan memberi memberi, dibentuk untuk menciptakan.
Untuk tense Almanmoz hadir pertama.
Seperti: penggunaan memanggil Hidupkan berkonsultasi tahu, Akram tulisan terbaik yang saya duduk.
3 Semua surat Almanmozh pertama.
Seperti: tetapi untuk untuk untuk untuk untuk apa
"Para" terhubung, seperti: Berikutnya, melihat, batsman.
Kecuali "" definisi ketika terhubung dengan nama.
Pelatihan
Pelatihan 1
Doa
Barangsiapa menangkap satu raka'at dengan imam telah menangkap kelompok itu menyadari membungkuk untuk mewujudkan raka'at dengan imam.Dan takbir pembalasan untuk membungkuk Jika ia menangkap imam adalah membungkuk, tapi ia menangkap setelah menyembah tidak menyadari raka'at dan itu tindak lanjut.
Latihan 2
Abdullah bin Mubarak
Adalah Abdullah bin Mubarak bin dan jelas, Abu Abdul Rahman Alhandala Turki Marwazi, Imam Syekh al-Islam, dunia waktunya, dan saleh, seorang ayah Turki, dan algoritma ibunya.
Lama Shaikh diterima, musim semi ibn beton Anas, mengirimkan, dan masuk di penjara, mendengar tentang hal itu sekitar empat puluh baru-baru ini, dan kemudian perjalanan di empat puluh satu, seratus, dan mengambil sisa-sisa pengikut mereka, dan lebih nomaden, mengembara sampai ia meninggal dalam mengejar pengetahuan.
Pelatihan 3
Jihad
Dalam kehidupan yang baik dan jahat, benar dan salah, dan bimbingan dan kesesatan, kepercayaan dan kekafiran. Kekuatan-kekuatan yang berlawanan mereka pengikut manusia, karena manusia Allah menciptakan, sehingga tahun dibutuhkan dari Mahakuasa bahwa konflik yang berkecamuk di antara mereka, dan memerangi kebutuhan hidup, kemenangan iman yang baik dan benar dan, dan pencegahan korupsi dan tirani dan kejahatan. Jadi mulai jihad, dan membuat tugas-tugas kewajiban Islam, untuk mempertahankan iman di negeri itu.
Pelatihan 4
Amr bin fetish excessiveness
Anak-anak 'excessiveness bin Amr tahu bagaimana ayah mereka melekat Besnmh "Manat" dan bagaimana besok dengan waktu sepotong, tapi menyadari bahwa posisinya mulai goyah dalam hatinya, dan bahwa mereka harus Antzaaoh dari dirinya dengan kekerasan, itu dirilis ke iman.
Adlj putra Amr dengan teman mereka Maaz bin Jabal untuk Manat pada malam hari, dan membawanya dari tempatnya, dan mereka pergi ke lubang oleh Lubna Salama melemparkan Oqmaarham dan melemparkannya di luar sana tanpa sepengetahuan ayah mereka.
Pelatihan dari 5
Sahabat Rasulullah
Dari aset Sunni dan masyarakat, pemilik cinta perdamaian Nabi saw, dan persetujuan dari mereka dan mencari pengampunan bagi mereka, dan percaya bahwa mereka adalah yang terbaik bangsa, dan mengingatkan mereka yang baik, dan melepaskan apa yang terjadi kepada mereka dari godaan. Kasih Allah dan kepuasan mereka, dan memuji mereka dalam bukunya, dan aku mencintai mereka yang terbaik dari Nabi, doa dan melarang mengutuk, dan paparan untuk menyakiti mereka.
Pelatihan 6
Nakba Palestina
Nasib Palestina Tentara Salib, adalah salah satu hit terbesar oleh negara Islam dalam sejarahnya. Diberi wewenang oleh Allah untuk membebaskan Palestina oleh Saladin, yang bisa kita ragukan bahwa kita Snnqzha Insya Allah orang Yahudi, dan jika kita gagal kita harus kembali ke seperti biografi dari pemimpin Islam untuk menulis kita seperti kemenangan Hittin, di mana saja, bahwa Allah anak kita dan cucu yang paling murni dari kita, yang paling murni dan akan memulihkan kekuatan dan melakukan tur Palestina.
7 th
Pahlawan muda
Rasulullah saw telah menyiapkan pasukan yang dipimpin oleh Usamah bin Zaid, yang hanya delapan belas tahun, disiplin Muslim menyerang orang-orang dari Levant, dan Nabi meninggal sebelum bergerak tentara, bersikeras penggantinya Abu Bakar, semoga Allah senang dengan dia pada untuk menerapkan apa yang telah menjadi tekad oleh Nabi.
Sementara Osama memeriksa tentara, telah membuat wanita itu dan berkata kepadanya: Jangan menerima saya, ya Panglima berperang di tentara Anda?Osama berkata kepadanya: Kembalilah ke rumah Allah memberkati keberanian dan Ovaúk, kita memiliki cukup tentara.
Pelatihan 8
Izin untuk masuk
Ini tidak hanya otorisasi untuk memasuki rumah yang lain, tetapi bersikap sopan serta penghasilan jika beta tidak satu-satunya ibu atau saudara perempuan dari saudara perempuan nya, diriwayatkan bahwa 'Ata bin Yasar bahwa seseorang berkata kepada perdamaian Nabi saw: Oostazn pada ibuku? Dia berkata: Ya.Mengatakan bahwa ia tidak memiliki orang lain server, Avostazn mereka waktu masing-masing? Dia berkata: Apakah Anda ingin melihat telanjang? Pria itu mengatakan tidak. Dia mengatakan itu meminta izin.
Kereta 9
Desertifikasi
Penggurunan yang banyak bahaya, termasuk ancaman daerah pertanian dengan tanaman dengan TPA, produktivitas lahan rendah, dan lahan produktif pertanian berkurang.
Salah satu bentuk penggurunan diamati pada tanah dari erosi dan erosi, dan dimaksudkan tanah lapisan permukaan, yang tumbuh tanaman, dan erosi berarti runtuhnya lapisan permukaan dan munculnya batuan padat, yang biasanya bagian bawah mereka, tidak mungkin untuk menggunakan pertanian, tampaknya bumi tandus, bebas dari vegetasi.
Pelatihan 10
Dari perintah-perintah Bijaksana
Direkomendasikan anak yang bijak berkata kepadanya:
Jika bodoh, bertanya, jika Vandem tersinggung, dan jika aku menyesal Voqla, dan jika pada Vaktm Avdilt, dan jika ada Vasedk, dan waspadalah terhadap roda, orang-orang Arab Tknyha atau penyesalan. Dan Dan menyesalkan perbuatan yang baik, dan waspadalah terhadap dosa, dan memilih teman dengan hati-hati, karena orang baik yang asli adalah Okhiarham, dan disetujui Ocherhm jahat. Saya tahu bahwa orang yang paling rentan dari kelemahan penyembunyian rahasia, dan yang paling kuat dari kekuatan kemarahan, dan Osbarham dari keluarga kemiskinannya.
Kedua, peningkatan beberapa karakter:
Kalolv setelah kelompok F, dan dalam seratus, dan komplikasinya, dan F. Amr dalam kasus mengangkat dan traksi.
ContohKelompok I:
1 di perpustakaan seratus penulis.
Dua ratus petani menanam pohon.
3 Dia mengatakan: jangan membuang dirimu ke dalam kebinasaan} 195 sapi.
4 dan Mahakuasa berkata: {dan makan dan minum sampai benang putih muncul untuk Anda dari benang hitam, 187} sapi.
5 Dia mengatakan: Jadilah Ansar Allah} 14 kelas.
6 Saya membeli pena baru.
Penyair mengatakan:
7 Jika kita menyapih bayi telah lulus Aljbibr Sagddin
Grup B:
1 adalah Amr bin Al-Aas dari Arab cerdik.
2. Anda lulus Amr.
3 Lihat-hidup.
4 penyair mengatakan: Mereka ayah Fjina Bmthelhm
5 Dia mengatakan: {Dan tidak mendapatkan pengajaran, kecuali orang-orang yang memahami} 269 sapi.
6 Dia mengatakan: Renderer malaikat utusan memiliki sayap} 1 Pencipta.
7 Dia mengatakan: Lihatlah, engkau mengasihi mereka Ola Al-Imran 119!.
8 Saya menghargai kredit untuk ibu hamil.
Al-Qaeda
Peningkatan oleh beberapa surat yang ditulis tidak diucapkan di lokasi berikut:
1 dalam firman seratus sembilan ratus komplikasi, bahkan tanpa mengucapkan, dan menulis tanpa seribu ini tidak salah karena tidak ada justifikasi untuk eksistensi.
Tidak meningkat dalam kata-kata berikut: ratusan, Mion, terionisasi, Centennial, Centennial.
Meningkat setelah dua kelompok ribu F untuk membedakan antara mereka dan F yang salah dengan tindakan dari Ballowao sakit lainnya. Disebut tonggak milenium.
Peningkatan dalam bentuk lampau, dan itu, dan present tense dan Almdzom Almansob.
Seperti kata mereka, katakan, tidak akan mengatakan, tidak mengatakan.
Dengan peringatan untuk tidak peningkatan panggilan seperti itu, lolos, penahan, menghapus.
Pabrik juga meningkat setelah F kombinasi ditambahkan.
Seperti: guru menghadiri sekolah. Perjalanan dan insinyur konstruksi.
Meningkat sebesar 3 ribu dalam nama terakhir Anda berniat untuk gesper monumen, jika tidak selesai dan feminisasi terikat BTA, atau menghubungkan seribu, atau menghubungkan didahului ribu. Contoh gesper, yang meningkatkan milenium:
Saya melihat seorang pria menunggang kuda datang.
Contoh nama yang tidak dapat ditingkatkan dengan seribu:
Bau bau.
Melakukan kesalahan lalai.
Aku melihat langit cerah. Udara yang dihirup.
Meningkat sebesar 4 ribu di Rumah Puisi terakhir pada kepuasan gerakan, yang disebut A dan semua.
Seperti ketika penyair:
Taiz, tidak ada di tanah masih ada dan beban yang dihabiskan dan pelindung
Dan mengatakan yang lain:
Menjadi pengganti Altinai Tdanina Knapp dan bersedia untuk Kiena Tjavina
5 waw meningkat dalam kata terakhir dalam kasus saya mengangkat Amr, traksi, dan dihapus jika monumen itu, dan itu Tnon dicairkan, disebut waw F. Amr.
Seperti: Amr datang. Dan diserahkan kepada Amr. Dan berjabat tangan dengan usia.
6 meningkat waw dan kompromi dalam kata-kata berikut:
Oulu, pertama: rasa pemilik dan pengusaha, dan penguasa dalam kasus angkat, diberikan dalam kasus-kasus penipuan dan traksi.
Dan meningkat pada: mereka, Ola, ibu hamil.
Pelatihan
Pelatihan 1
Rekomendasi dari seorang guru kepada murid-murid-Nya,
Anda pria masa depan, dan harapan untuk masa depan, dan orang-orang dengan tulus. Negara Anda di depan Anda, dan Anda melampirkan harapan besar, tidak Takzloa negara Anda, dan bertahan dalam koleksi ilmu pengetahuan, dan kerja keras dan kesulitan pasien, mereka yang memasang dan berusaha untuk mencari pengetahuan mereka adalah pemenang. Ibu hamil, putra dan putri dari ilmu pengetahuan dan penciptaan, terima kasih, aku menasihati kamu dan saya takut kepada Allah dan berusaha keras, ketekunan, dan Kzmlaúkm tahun lalu yang lulus kita semua, dan tingkat keberhasilan mereka adalah terhormat, mahasiswa Amr telah memenangkan tempat pertama, saya berharap Anda sukses semua.
Latihan 2
Dia mengatakan:
{Pasien adalah seratus dari Anda mereka akan mengatasi dua ratus} 66 Anfal.
{Bersabarlah sebagai kesabaran penentuan Oulu Para Rasul 35} Ahqaf.
{Hamil dan melahirkan Talak} 4 perceraian.
{Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun! 25 gua.
{Bagi mereka, Allah akan mengubah dosa-dosa mereka ke dalam perbuatan yang baik! 70 Kriteria.
{Kata Ola adalah 84 arkeologi dan dipercepat kepada Anda untuk menerima Tuhan saya! Taha.
Penyair mengatakan:
Setiap kehendak Amr bin al-Hind dan menaati Tzdrina informan kami
Pelatihan 3
Amr bin Aas
Amr bin Ash dari pengawasan dari suku Quraisy. Bekerja perdagangan
Sebelum Islam, dan saya menyukainya ketika dia menjadi Muslim perdamaian Nabi saw untuk keterampilan dan kecerdasan.
Amr adalah seorang komandan terkenal, berjuang dengan Nabi, dan berpartisipasi dalam terbuka Syam, dan memimpin penaklukan Muslim Mesir.Apakah cerdas, akal, dan tekan
Bdehaúh pergi, Tuhan memberkati mereka semua dan teman-temannya tinggal.
Pelatihan 4
Sarjana Muslim
Melahirkan bangsa Islam Nbgua ilmuwan mengidentifikasi tanggal pertama mereka al-Tabari meninggal pada 1000 migrasi, dan yang terakhir dari Ibn al-Atsir, yang meninggal enam ratus tiga puluh tahun AH. Di antara sejarawan paling terkenal: Almsaudy, Ibnu Nadim, Ibnu Miskawaih, Abu Fida, yang lahir di Damaskus, dan meninggal dua dan tujuh ratus tahun migrasi, di kota Hama, Suriah.
Pelatihan dari 5
Waktu adalah uang
Orang tahu nilai waktu lama, dan mencari cara untuk tahu, mereka melihat gerakan bayangan secara teratur, dan matahari terbit di pagi hari, dan sore matahari terbenam, Vaatmdoa bahwa dalam menentukan tidur dan bangun, dan pekerjaan mereka di siang hari, kemudian melihat pergerakan planet-planet dan bintang di malam hari, sumber yang mengukur waktu di malam hari, dan dibagiwaktu untuk bulan dan tahun.
Pelatihan 6
Salat Jumat
Suara dibesarkan di atas menara-menara kota panggilan untuk shalat Jumat, Patriark setuju untuk Muslim menyebut Tuhan mereka, dan meninggalkan penjualan dan perdagangan, dan bergegas dari setiap sudut dunia, mencari ke rumah-rumah Allah yang rendah hati, untuk melakukan shalat wajib, dan memohon dia untuk undangan, dan Atqrbua doa-doa, dan untuk bertemu di masjid Rehab Ikhwan mereka dalam Tuhan . Kalau doa dikerahkan di tanah mencari dan karunia-Nya.Dia mengatakan: {Wahai orang-orang beriman, apabila azan pada hari Jumat, datang ke mengingat Allah dan meninggalkan dari bisnis!}.
Ketiga:1 Hapus link dari beberapa kata-kata:
Contoh:Kelompok I:
1 dijuluki khalifah kelima Khalifah Umar bin Abdul Aziz.
2 terkenal Khalifah Umar ibn al-Khattab keadilan.
3 Nabi saw menikahi Khadijah gadis Khuwaylid.
4 gadis yang aman meninggal dan Nabi saw memberikan lebih dari enam.
5 Salah satu yang memenangkan kompetisi?
6 bahwa putri menghafal Quran?
7 Dia mengatakan: ibu Abn mengatakan tidak mengambil Belhata} 94 Taha.
8 penyair mengatakan: "Di mana Abn Maragha paman saya."
Grup B:
1 Nama Allah, Maha Penyayang.
2 Ia mengatakan mengatakan: Dar dan akhirat} 32 ternak.
3 Dia mengatakan: untuk orang miskin yang terdampar di jalan Allah} 273 sapi.
4 Jika Anda temui itu terlalu tinggi, Watt dengan Muhammad.
5 Dia mengatakan: Ambil pengampunan dan bodoh dan bodoh memperkenalkan norma-norma 199}.
6 nama Muhammad atau di?
7 Dia mengatakan: perempuan memilih laki-laki Saffat 153}.
Al-Qaeda
1 Hapus link dari kata "anak" dan "anak," Jika ditandatangani antara dua bendera Menon adalah yang pertama dan kedua dari ayahnya.
Jika Anda tidak menghapus kedua dimediasi bendera dan ayah pertama.
Seperti: Musa bin Imran kilims.
Yusuf, putra Sheikh Hamdan.
Tidak dihapus kecuali kata adalah kata sifat tunggal. Jika tikungan terbukti Hamza.
Seperti: Sekretaris dan aman anak Harun al-Rasyid.
Tidak juga harus dihapus jika itu adalah kata "anak" atau "anak" di baris pertama, bahkan jika dimediasi oleh dua bendera. Seperti: judul Khaled Pedang Ibnu Al Waleed Maslool Allah. Khalifah Umar Ibnu Khattab pertapa manusia.
2 Menghapus "anak" yang menghubungkan jika menghubungkan memasuki pertanyaannya.
3 Hapus jika didahului oleh panggilan "O".
4 Hapus Basmalah pertama, dan menghapus sering digunakan, dan diperlukan untuk menghapus menyebutkan Basmalah lengkap. Jika Anda tidak ingat sepenuhnya dihapus.
Seperti: Allah nama Anda. Nama Abdullah. Nama Allah.
Menghapus jika tidak terkait, termasuk Hamza, termasuk sebelum atau sesudah.
Seperti: dibuka atas nama Allah Yang Maha Pemurah tanaman.
Dan seperti: nama Allah Yang Maha Pemurah, kita membuka seminar ini.
5 Hapus link "L" jika definisi L dan terjadi setelah inisiasi atau setelah traksi L.
6 menghapus link jika Anda seorang waw dalam kata atau antara ta dan yang asli adalah pemenuhan menghubungkan lantai. Seperti: Watt, terlalu, dan ketertiban.
7 Hapus titik fokus dari kata apapun jika itu terjadi setelah pertanyaan menghubungkan.
Ketiga:Untuk menghapus beberapa ribu kata-kata:
Contoh1 Dia mengatakan mengatakan: Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu} 21 sapi.
2 Ia mengatakan mengatakan: Aoatha meyakinkan diri 27} fajar.
3 Aohl percaya baik kepada orang miskin.
4 hujan, tapi suasana hangat.
5 Yusuf mencoba menyelamatkan orang yang tenggelam, tetapi tidak berhasil.
6 Dia mengatakan: Allah adalah terang, langit dan bumi 35} cahaya.
7 Dia mengatakan: Allah ada Tuhan selain Dia 255 sapi!.
8 Dia mengatakan: Rahman belajar Quran} 2-Rahman.
9 Dia mengatakan: Yassin dan Al-Qur'an 2} Hakim Yassin.
10 katanya: Taha apa yang Anda turunkan Al Qur'an mengutuk} 2 Taha.
11 Dia mengatakan: Hai saudara perempuan Harun, Maria, 28}.
12 Val mengatakan: Tuhan membuat negara ini aman 35} Abraham.
13 Dia mengatakan: jangan mendekati pohon ini} 35 sapi.
14 Dia mengatakan: {Mereka mengatakan bahwa dua dari 63 Sahran} Taha.
15 Dia mengatakan: {Dan Kami membawa Anda menyaksikan 41 perempuan.
16 Dia mengatakan: mereka pada bimbingan dari Tuhan mereka, dan mereka adalah sukses} 5 Sapi.
Al-Qaeda
1 Hapus Sebuah "O" jika panggilan itu diikuti oleh "setiap" atau "tidak."
2 Hapus Sebuah "O" jika panggilan itu diikuti oleh kata "orang."
3 Menghapus sebuah kata seribu "tetapi" perbaikan, "tetapi" gairah.
4 Hapus beberapa nama dari milenium. Seperti: Tuhan, surga, tuhan,
Rahman, adalah, Taha, Harun.
5 Hapus nama sinyal.
6 menghapus dari "Ola" Jika Anda menghubungi wacana cukup "mereka."
Bagian II
Hapus milenium pertama dari "apa" interrogans dan alarm "nya" dan "yang":
Contoh:
Kelompok I:
Dia mengatakan: {} dengan bertanya-tanya? 1 laporan.
2 tidak mengabaikan tugas Anda?
3 Bmguetdham diam tentang kebenaran?
16:00 membayar?
5 penyair mengatakan: "The Passion of nyeri punggung Benkmo?"
6 Allam, berdasarkan keputusan Anda?
Vim 7 Anda berpikir?
8 mm mengeluh?
Grup B:
1 Dia mengatakan mengatakan: Sesungguhnya di sini tidak melakukan apa pun untuk meja} 24.
2 Hannah menunggu untuk Anda.
3 berburu pantas untuk menang.
4 Hontm saudara dalam Tuhan.
Grup C:
1 Dia mengatakan mengatakan: Buku ini tidak diragukan lagi} 2 sapi.
2 Ia mengatakan mengatakan: Seperti itu adalah lebih suci bagi Anda 232 sapi!.
Al-Qaeda
1 Hapus Sebuah "apa" interrogans Jika Anda menghubungi beberapa Jeralatah karakter: untuk, lam, Alaba, untuk, pada, dalam, dari.
2 Hapus Sebuah "Ha" alarm jika dimasukkan pada hati nurani mulai Balhmzh suatu.
3 Hapus seribu "yang" dimensi Plame jika dihubungi.
Kedua, penghapusan dari Noon traksi harfiah "dari" dan "semua" jika mereka menghubungi "apa" atau "dari":
Contoh:Kelompok I:
1 mm takut?
2 dengan Anda bicarakan?
3 Mahakuasa berkata: {}, yang tenggelam 25 Khtiiathm Nuh.
4 Dalam beberapa waktu sedikit.
5 lebih dari apa yang dikatakannya.
6 menghabiskan daripada diterima.
Grup B:
Salah satu yang belajar pengetahuan yang berguna?
2 yang mencari?
3 Dia mengatakan: menawarkan kepada orang-orang yang mengambil 29 disebutkan} bintang.
4 Dia mengatakan: Ini adalah tergelap dari mereka yang mencegah masjid sapi 114} Allah.
Al-Qaeda
Menghapus harfiah dari traksi Nun "dari" dan "tentang" dalam kasus berikut:
1 Ketika mereka berbicara, "termasuk" interrogans, atau kelebihan, atau terkait.
2 Ketika mereka berbicara, "termasuk" interrogans, atau terhubung.
Ketiga, hapus beberapa karakter lain dari kata-kata:
Contoh:
Kelompok I:
1 Dia mengatakan SWT: {Dan kami memberikan Mazmur Daud} 163 wanita.
2 Dia mengatakan SWT: {Dan Musa berkata kepada saudaranya Harun 143}.
Grup B:
1 najis Almlaat.
2 Dia mengatakan mengatakan: Kitab yang benar untuk orang di pengadilan tinggi} 18 Mutaffifin.
Grup C:
1 Dia mengatakan mengatakan: sembahlah Tuhanmu yang menciptakan Anda 21 sapi!.
2 Ia mengatakan mengatakan: mereka yang percaya pada sapi} gaib 3.
3 Dia mengatakan: Ingatlah nikmat-Ku yangtelah Aku memberkatimu 40 sapi Grup D.!:
1 dari lemon memiliki banyak manfaat.
2 Anak-mencintai pisang.
Grup E:
1 tidak hanya takut pada Allah.
2 untuk awal yang valid.
3 tidak membuang pemain bola.
Grup F:
1 berdoa kepada Allah dalam rahasia dan di depan umum.
2 besar untuk berbuat baik.
3 membayar cepat.
Al-Qaeda
1 Hapus waw dari: David, Aaron, Taous, kebaikan, dan suksesi makruh seperti dua karakter dari satu jenis kelamin.
2 Jika saya bertemu tiga karakter yang identik dalam satu kata menghapus salah satu dari mereka.
Seperti: Mlaat, Barakat, Msaat, Isoan, Inoan, pengadilan tinggi, para nabi.
3 Hapus lam kedua yang, yang, yang. Untuk mengurangi, dan sering digunakan. , Salah satu karakter mengucapkan atau menulis.
4 Menghapus menghubungkan "" definisi pendapatan jika preposisi "lam."
5 Hapus vokal yang terakhir dari present tense dalam hal kepastian.
6 Hapus vokal dari tindakan terakhir ketika dibangun untuk perintah.
Pelatihan
Pelatihan 1
Mulia Raja Faisal rahmat Allah
Apakah Faisal bin Abdul Aziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Muhammad bin Saad. Lahir di Riyadh, semoga Allah kasihanilah dia, dan dibesarkan di rumah kakek dari pihak ibu, Sheikh Abdullah Bin Abdul Latif al-Sheikh, dan dibesarkan pada doa dan kesalehan, dan ayahnya diperlukan Vtather kekuatannya, keberaniannya, kebijaksanaan, wawasan, dan manajemen yang baik.Oleh karena itu, akumulasi manfaat yang adil berkuasa, dan veteran politik, dan ini adalah apa yang dikenal dengan rahmat Allah.
Latihan 2
Ahnaf bin Qais
Hal itu dikatakan Qais bin taliped, yang belajar untuk bermimpi? Dia berkata: Aku belajar dari Qais bin Assem Almenkera, aku melihat dia duduk di halaman rumahnya tempat orang, seorang pria datang dan dilipat lalu dibunuh, dan bertanya tentang Almktov: Ini adalah keponakan Anda? Dia berkata: Ya, tentu kata-kata memotong apa, tidak bergerak dari dewan, tapi ia berkata kepada keponakannya: "!. Saudaranya Abn Buang sendiri Bsamk, dan membunuh sepupu Anda"
Latihan 2
Penghargaan diri
Amr bin al-Hind menanyai para sahabat satu hari: dari membenci orang Arab untuk melayani ibuku? Mereka berkata: Kami tidak tahu, tapi Henda Amr bin Ummu Kultsum, ayah dan paman dan anaknya pada puncak kehormatan rakyat mereka.Dia mengirim Amr bin Amr bin Hind panggilan Kultsum, untuk mengunjungi dia dan ibunya. Patriark Amr setuju untuk undangan. Setelah makan makanan, kata Umm Amr bin al-Hind: pot Naulini tanganku basah, Vojaptha: Dia perlu lakukan untuk kebutuhan mereka. Ketika ditekan dalam permintaan wa Zlah berteriak India, apa yang mengalahkan. Dia mendengar penderitaan anaknya untuk pedang sehingga ia memenggal kepalanya Amr bin al-Hind.
Pelatihan 3
Gadis Fatima Abdul-Malik
Ayahnya, Abdul-Malik bin Marwan bin al-Hakam, dan saudara laki-laki Walid dan Hisyam, Salomo, seorang Muslim. Dan suaminya hanya Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Berkata kepadanya, sementara Li suksesi: O Raja Abdul blok: satu Shetreet apa Taathalin pemiliknya? Atau kakek Otite dan bisnis Anda? Jika ini bukan individu ke rumah Muslim uang, atau Variqana, mengatakan: "Apa yang Anda bergerak sesuatu yang Anda Abn paman saya," dan memberikan apa uang yang dimiliki ke rumah.
Pelatihan 4
Baris pertama
Dikatakan bahwa dari tulisan yang dikenal dalam kebingungan tiga Navarre adalah: saudara Bishr bin Abd al-Malik Akidr Jandal, dan meningkatkan Bin Adi, Adi bin Zaid dan Ganada, dan yang terakhir adalah dari Alokasrh buku. Islam datang kepada mereka tidak berpendidikan di Mekah, hanya beberapa pria dan wanita. Dia menyatakan bahwa yang pertama untuk membuat belajar menulis wajib mendesaknya buta huruf Nabi Muhammad bin Abdullah, saw.
Pelatihan dari 5
Bin Saeed Amer Aljmaha
Anak Bin Saeed Aljmaha Amer, salah satu dari ribuan orang yang turun ke pelunakan jelas di Mekkah atas undangan pemimpin Quraish, untuk menyaksikan kematian Uday bin Muhammad Khubyab salah setelah mereka dimenangkan oleh pengkhianatan.
Ini memungkinkan dia Mofor masa mudanya, masa kanak-kanaknya dan mengalir dari yang kerumunan Mounakp orang, jadi datang sejalan dengan para tetua Quraisy, seperti: Abu Sufyan bin Harb, dan bin Safwan buta huruf, dan lainnya yang atas prosesi.
Pelatihan 6
Menjaga waktu
Waktu yang terbuang, yang tidak menentukan tujuan, dan kurangnya ketulusan dalam bekerja. Dua pencuri yang mencuri waktu dan kegunaan Biaan.
Hasil dari keterlambatan dua musuh, kurangnya presisi dalam pikiran batas waktu untuk bertindak, dan non-kehadiran. Menit tertunda dari awal hilangnya berarti tertentu menit waktu kerja, dan ini menyebabkan salah satu dari dua kesimpulan: baik mempercepat pekerjaan dan ketidakakuratan di dalamnya, atau pelanggaran kali dialokasikan untuk tugas-tugas lain, dan dengan cara ini: menunda pekerjaan dengan waktu yang bukan waktu, dan jika aksi jarang bekerja sempurna



